Ganti Kruk as / Crankshaft Vario 125
Gimana hari ini kalian ikut demo damai ga?
Setelah momen ganti seher di bulan oktober 2015 lalu di bulan juli kemarin mulai kedengeran lagi suara merdu dari area mesin Mas Priyo. Setengah gak percaya gue ke bengkel langganan dan eng ing eeeeeeeng...sesuai dugaan gue stang seher rusak lagi!!! MOTHER HUBBERT!!! Lemes campur kesel ngebayangin lembaran2 merah itu keluar dari saldo gue. Sempet terbesit pikiran meminang partner baru tapi kok kayanya kurang keren, kurang usaha, kurang lakik!! (biar kaya iklan kekinian) yah emang gak ada duit aja sih πππ
Link video klo gak keluar : https://youtu.be/eh7WANhrOYk
Ok lah yg sudah ya sudah, sekarang gue bikin liputannya. Walaupun sama2 ganti stang seher lagi, cuman gue kasih judul ganti kruk as karena ya emang gue beli kruk as seglondong, sama biar gak sial2 amat gitu dibacanya ganti stang seher part 2, yah....walaupun itu kenyataannya πππ
Hari itu gue ngobrol serius sama mas bengkel apa sih sebabnya ampe 2x kejadian ngehek gini, kesimpulan dan kesepakatan kami ada 2 :
1. Pas ganti stang seher yang pertama kita gak ganti kruk as, sementara kita tau klo ganti stang seher berarti harus lepas bearing kruk as kiri dan kanan, buat ngelepas dan masangnya musti ke tukang bubut, dan hasilnya pasti gak se presisi cetakan pabrik, nanti dibawah bakal gue tunjukin bagian gompel2 nya dan kami anggap itu bikin pelumasan oli kurang maksimal.
2. Naikan kekentalan oli. Kita berasumsi kekentalan oli kurang, selama ini pakai 10w-30. Naikin jadi 10w-40
>Let's do this!
1. Gue beli kruk as / crankshaft baru, gue tebus seharga 520k :
2. Bearing kruk as sebelah kiri 165k :
Bearing sebelah kanan dah jadi satu sama kruk as.
3. Dan gasket2/packing2 :
4. Oli. Pilihan jatuh ke oli castrol power 1 scooter lupa berapa harganya :
Total belanja dan ongkos bongkar 2 hari itu di kisaran 1,5 juta, pedih dah klo diinget2 mah, buat patokan kalian ya klo ampe kejadian. Dan satu hal gue ingetin nih, klo yg namanya beli kruk as 1 set tuh stang seher udah termasuk cuy, jadi jangan ampe beli dobel. Hampir kejadian ama gue, part udah lengkap, gue masih mau nambah stang seher lagi πππ
Dah malem ngantuk, sampe di situ gue tinggal pulang
Pagi hari baca sms ternyata cylinder head baret, musti ke tukang bubut di korter dan mau gak mau ganti seher!! MANTAP! ngeheknya
Dah jadi
Link video klo gak keluar : https://youtu.be/qD3Z7VWCHEs
Menurut mas bengkel karena sudah di korter 0,5 sehernya juga naik kubikasi, jadinya 130 atau 135cc ya lupa gue. Secara kurang paham dan belum belajar juga itung2an gituan. 2 minggu setelahnya gue ganti oli dengan merk dan type yg sama.
Sayangnya sampe gue posting tulisan ini gue belum bener2 menjajal performanya, karena rute ngurir yg makin jauh hari2 gue lebih banyak naik moda transportasi lain.
Salam kelenger!
Setelah momen ganti seher di bulan oktober 2015 lalu di bulan juli kemarin mulai kedengeran lagi suara merdu dari area mesin Mas Priyo. Setengah gak percaya gue ke bengkel langganan dan eng ing eeeeeeeng...sesuai dugaan gue stang seher rusak lagi!!! MOTHER HUBBERT!!! Lemes campur kesel ngebayangin lembaran2 merah itu keluar dari saldo gue. Sempet terbesit pikiran meminang partner baru tapi kok kayanya kurang keren, kurang usaha, kurang lakik!! (biar kaya iklan kekinian) yah emang gak ada duit aja sih πππ
Link video klo gak keluar : https://youtu.be/eh7WANhrOYk
Ok lah yg sudah ya sudah, sekarang gue bikin liputannya. Walaupun sama2 ganti stang seher lagi, cuman gue kasih judul ganti kruk as karena ya emang gue beli kruk as seglondong, sama biar gak sial2 amat gitu dibacanya ganti stang seher part 2, yah....walaupun itu kenyataannya πππ
Hari itu gue ngobrol serius sama mas bengkel apa sih sebabnya ampe 2x kejadian ngehek gini, kesimpulan dan kesepakatan kami ada 2 :
1. Pas ganti stang seher yang pertama kita gak ganti kruk as, sementara kita tau klo ganti stang seher berarti harus lepas bearing kruk as kiri dan kanan, buat ngelepas dan masangnya musti ke tukang bubut, dan hasilnya pasti gak se presisi cetakan pabrik, nanti dibawah bakal gue tunjukin bagian gompel2 nya dan kami anggap itu bikin pelumasan oli kurang maksimal.
2. Naikan kekentalan oli. Kita berasumsi kekentalan oli kurang, selama ini pakai 10w-30. Naikin jadi 10w-40
>Let's do this!
1. Gue beli kruk as / crankshaft baru, gue tebus seharga 520k :
2. Bearing kruk as sebelah kiri 165k :
Bearing sebelah kanan dah jadi satu sama kruk as.
3. Dan gasket2/packing2 :
4. Oli. Pilihan jatuh ke oli castrol power 1 scooter lupa berapa harganya :
Total belanja dan ongkos bongkar 2 hari itu di kisaran 1,5 juta, pedih dah klo diinget2 mah, buat patokan kalian ya klo ampe kejadian. Dan satu hal gue ingetin nih, klo yg namanya beli kruk as 1 set tuh stang seher udah termasuk cuy, jadi jangan ampe beli dobel. Hampir kejadian ama gue, part udah lengkap, gue masih mau nambah stang seher lagi πππ
Dah malem ngantuk, sampe di situ gue tinggal pulang
Pagi hari baca sms ternyata cylinder head baret, musti ke tukang bubut di korter dan mau gak mau ganti seher!! MANTAP! ngeheknya
Dah jadi
Link video klo gak keluar : https://youtu.be/qD3Z7VWCHEs
Menurut mas bengkel karena sudah di korter 0,5 sehernya juga naik kubikasi, jadinya 130 atau 135cc ya lupa gue. Secara kurang paham dan belum belajar juga itung2an gituan. 2 minggu setelahnya gue ganti oli dengan merk dan type yg sama.
Sayangnya sampe gue posting tulisan ini gue belum bener2 menjajal performanya, karena rute ngurir yg makin jauh hari2 gue lebih banyak naik moda transportasi lain.
Salam kelenger!
Duh motor ku juga sama nih gara-gara kepedean pake oli X sampe 5000 km, alhasil harus Jajan Krukas.
BalasHapusBTW thx sharingnya, td ane berniat cuma ganti stang sehernya aja. Walau mekanik bengkel udh nyaranin ganti sekalian sama krukas nya, tapi stelah baca ini jd yakin deh mending segelondong ya biar gak jajan dua kali.
Nelen ludah dulu gan.......... ludes dah gaji bulan ini :))
Mas mau nanya,kruk as vario lama 110 apa bisa di kasih kruk as vario 125 set sama buring kop, terimakasih
BalasHapusGak bisa pnp mas, karena 1, ukuran beda walaupun bisa diakali.. tp tetep aja gak pnp kan judulnya. 2. Rantai keteng vario 110 di kiri, aedangkan 125 dan 150 di kanan posisinya (lihat gigi nanasnya tuh beda posisi, untuk ini harus main ke bubutan dan lagi2 gak pnp ya kan). Jadi mending stroke up aja deh daripada swap as kruk
HapusGak bisa pnp mas, karena 1, ukuran beda walaupun bisa diakali.. tp tetep aja gak pnp kan judulnya. 2. Rantai keteng vario 110 di kiri, aedangkan 125 dan 150 di kanan posisinya (lihat gigi nanasnya tuh beda posisi, untuk ini harus main ke bubutan dan lagi2 gak pnp ya kan). Jadi mending stroke up aja deh daripada swap as kruk
Hapuskesalahan tukang bubut pasang stang piston biasa.nya plat yg nempel di kruk.as nggak di balance kembali padahal itu kompone yg baku untuk menaikan oli ke cylinder, asala pasang stang pistonya semua di balance sekalian daging kruk as nya saya rasa aman karena sdah beberapa kali dapat keluhan dari ctm. tadinya suruh ganti kruk.as di ahas dan alhasil sdah 3 th masih aman semua. thanks
BalasHapusMas,mau tanya kruk as vario 125 led seri k66 apa cocok dipasang di vario 125 old bohlam?makasih,π
BalasHapusSelamat malam mas saya mau tanya apakah kruk as vario 125 old bohlam dengan vario 125 led berbeda di segi bobot ?
BalasHapusAssalamu'alaikum mas selamat sore saya mau tanya kalo plat askruk vario dibukak bermasalah apa tidak, mohon jawabannyaπ
BalasHapusAssalamu'alaikum selamat sore saya mau tanya mas apa yg terjadi ketika plat pelampung oli askruk vario 125 dibukak atau tanpa dipasang, mohon jawabannyaπ
BalasHapus