Arah rotasi ban michelin pilot street tidak mem-bingung-kan

Sehari setalah ganti ban, gue iseng memperhatikan tanggal kadaluarsa ban...dan hasilnya masih ok. Depan diproduksi minggu ke 11 tahun 2014, dan belakang minggu ke 3 tahun 2014. Hmmmmm...gak mungkin juga sih gue buka satu per satu untuk dapet minggu produksi terkini....huehehehe...yakali....

Lagi iseng puter2 ban tanpa sengaja mata ngeliat arah panah rotasi putaran ban. Memang untuk michelin pilot street arah panah nya rada kurang meyakinkan. Ok gue pakai bahasa ini karena sebagai orang yang bisa baca tulis mustinya gue paham dengan arti kata front = depan, rear = belakang. 

Cekibrooh : 

Ban depan tulisan ada di sebelah kanan

Arah pola ban depan 

Ban belakang tulisan ada di sebelah kiri

Arah pola ban belakang

Naaaaah...sebelum gue gagal paham..sekalian lewat berangkat kerja, mampir planet ban lagi buat tanya2. Dan dijawab dengan gamblang oleh karyawan planet ban : 

"Michelin pilot street memang sifatnya universal, bisa untuk depan atau belakang. Tinggal menyesuaikan ukuran velg."

Lalu gue pun diberikan penjelasan tentang daya cengkram pola ban, dsb..dsb. Termasuk gambar marketing mereka tentang sepasang ban michelin  pilot street dengan pola yang sama tapi alur berlawanan seperti ini : 


Nah...lebih gamblang kan...

Lebih gamblang lagi pas karyawan planet ban bilang 

"Kita sudah di training sama michelin kok om..tenang aja."

Sedap!

And bi-lif-me..klo ente goooogling kagak bakal nemu jawaban meyakinkan. Paling keren ada yg jawab di forum : 

"emang gitu bro klo michelin"  

Nah mengenai ilmu daya cengkram pola ban yang sama tapi dibalik udah banyak bertebaran artikelnya, disebutkan memang dengan membalik arah rotasi akan membuat pengereman lebih mantap terutama saat miring. Eits! Jangan asal balik arah rotasi ban...sesuaikan dengan peruntukan dan anjuran dari pabrik, yang tentunya sudah disertai dengan tanda baca. 

"Jangan tergiur dengan anjuran sales, kita hargai kerja mereka, namun kita harus peka."

Yang ada nanti malah sampeyan kehilangan traksi alias daya cengkram dan ndlosor...huehehehe. 

Salam lengket!

Komentar

  1. OOoo gtu bro..
    pantesan ane kan baru pasang ban yg sama kaya punya ente.. ane liat nih di planet ban... nih orang masangnya terbalik apa gmn gtu... cos utk ban depan kok alur kembangnya terbalik.. cuma di display ban nya ane perhatiin ane cari2 tanda rotasinya.. kok ada rear ada front menunjuk ke arah yg berbeda.. ya uda ane simpulkan aja.. kaya penjelasan u itu bro.. di pasang di ban depan brati alurnya kaya terbalik.. tar klo dia salah ane mw balik komplen.. wkwkwk sebelum itu ane mw cari2 info dlu di web nya cuma ga ketemu di gogle juga.. kampret emang.. wkwkwk akhirnya nemu penjelasan yg sipp dr ente.. wkwkw ga jadi balik komplen deh klo gtu heheh..

    the inpo nya gan.. untung ada u yg nge bahas kaya ginian wkwkw klo nggak apa jadinya gw komple ke sono ternyata gw yg salah.. :hammer: hehe thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama bang ane baru psang 3 hari. ini salh pasang apa gmna.. beda alur nya... 😂😂

      Hapus
    2. bener, ane juga barusan pasangban mpilot sempat komplain ke planet ban ternyata jawabnya sama sehingga kusimpulkan jika ban ukuran 80-90 akan dipasang dibelakang penunjukan tanada panah bener samapai aku lihat ban motor lain ternaya bener jadi malu tapi mereka seneng kalau kita bertanya dan aku puas penjelasan mereka .... ok ia menjamn tidak salah pasang

      Hapus
  2. sama-sama...senang bisa membantu.

    BalasHapus
  3. baru saja tadi ganti dng pilot street.
    terus perhatikan... tulisan di ban depan "rear" dng arah panah terbalik
    dan di ban belakang ada tulisan "front" dng arah panah terbalik.

    Hwarakadah... apa salah punya nih..?!!

    langsung googling dan ketemu tulisan sampeyan.
    liat foto alur kembangannya sama, jadi kali masangnya benar kali ya...
    karena bisa dipasang bebas, asal alur kembangan sama...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama persis kayak punyaq tapi ban depan kerasa sekali oleng. Knp yah?

      Hapus
    2. sama gan, ban depan kerasa oleng / limbung.

      Hapus
    3. gue juga barusan beli ban michelin pilot. rasanya kayak oleng2 gtu...apa karena alur ban dibalik, jadinya seperti itu??kalo untuk belokan mantap. cuma kalo jalan lurus, agak oleng...

      Hapus
    4. Kacau brooo , saya juga barusan ganti michelin ban depan 80/80 dan belakang 90/80 terasa banget ga enak nya ...
      Kalau belok kiri terasa banget da oleng nya .. Kalau belok kanan engak oleng ...
      Benar2 kecewa saya ma produk michellin ..

      Hapus
    5. Sama nih barusan ganti ban dpn,,rasanya berat m oleng,,

      Hapus
    6. Sama pas baru ganti oleng jg, gw pikir komstir gw rusak/anginya kebanyakan.
      Tp makin kesini krna sering di pake, udh ga oleng lg malah jd enak

      Hapus
    7. Mff bukanya sok tau.., tpi untuk ban depan oleng coba cek lingkar pelek anda bisa mungkin sudah bengkong., trimakasih.,

      Hapus
    8. Mau kasi edukasi aja buat produk michelin , gua bli michelin ukuran oversise belakang pilot street yg depan pilot street 2 , nah gue pikir masangnya bakal terbalik buat yg depan ,pas gua liat ternyata engga, but ga masalah sih bagi gua selagi masangnya bner lurus , bakalan aman2 aja , malah lebih enak, tapi gua saranin untuk isi angin jngan terlalu keras ya tetep anjuran standart aja gua karna kekerasan emng jadi jadi enak sih belok enak and tinggi ,tapi jalan geradak sedikit serasa nyiksa komstir sama shokbreaker , gw kempesin sedikit gw kasi nitrogen sama psi angin yg sesuai alhamdulillah jadi enak empuk bgt , padahal ban masi baru bgt, rambut karetnya .

      Hapus
  4. Sore gan..hehehe.. :)
    sekedar sharing pengalaman..ane 3 hari yg lalu baru ganti ban michelin pilot street buat ninja RR ..
    Setelah ganti ban, Ane blom sadar tuh klo ban arah rotasinya ke balik... Pas ane dr bengkel buat service bulanan, eh mekanik nya bilang " mas, Ban nya ke balik", nah lgsg aja ane mnta tuh mekanik buat benerin.. dalem Hati gw mau komplain niih ke planet ban. nah setelah service ane lgsg menuju ke planet ban yg kmarin ane pasang.. nah disana ane di kasih penjelasan pas kaya artikel di atas.. awalnya sih gw marah2 eh setelah di jelasin gitu jadi tersipu malu..hehehhe :)
    Kesimpulan: pas pake arah rotasi di balik= Pengereman lebih menggigit tapi ban belakang ga ngesot..pokoknya gripnya mantap..
    Pas ane balik sesuai arah rotasi= pengereman sama2 menggigit tapi klo belok sambil ngerem belakang motor sedikit sliding...
    ane pakai ban ukuran= depan( 90/80-17), belakang(110/70-17)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enakan yg mna mnurut mas bro,, saya baru ganti di tamabk ban,, alur ban depan seperti ban belakang,,, apa sebaiknya di balik lgi yg depan sesuai petunjuk di ban nya,, mksih

      Hapus
    2. Mas nunu untuk ban belakang ukuran 110/70-17 sampean masang sesuai dengan panah atau sesuai dengan kembangnya. Terima kasih mohon infonya mas supayaa engga salah masang saya.

      Hapus
    3. Mas nunu untuk ban belakang ukuran 110/70-17 sampean masang sesuai dengan panah atau sesuai dengan kembangnya. Terima kasih mohon infonya mas supayaa engga salah masang saya.

      Hapus
    4. Persis bang ane baru aja liat ban tadi eh bawaan sewot sampe Sono dijelasin panjang lebar serasa males aja dengerin karena malu :v cmn kayaknya ane perlu adaptasi dulu rasanya kayak agak ga familiar cmn buat overall ok ini ban

      Hapus
  5. Sama bro
    di hari kartini aq ganti ban michelin, depan 100/80/17 dan blkng 130/70/17. Kl aq sih sebelum udah d ksh tau ma orang planet bannya, kl pemasangan ban depan alurnya mmg terbalik

    BalasHapus
  6. Berarti kalo ban depan MPS 110/70/17 dijadikan ban belakang, alurnya dibalik mengikuti regulasi alur ban belakangnya..... Begitukah kesimpulannya om momod? Nuwus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul..lebih tepatnya mengikuti ukuran besar kecil nya velg/ban

      Hapus
    2. Jadi ban dpn MPS 110/70 front
      Di pasang di ban belakang rotasinya terbalik dan alur kembangnya ngikutin alur ban belakang om? :v

      Hapus
  7. Terima kasih atas penjelasan yg punya blog

    Saya selaku karyawan planet ban
    Mengucapkan terima kasih
    Telah membantu menyebarkan info ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mase…mohon kesediaannya memberikan pencerahan jika ada kata2 saya yg kurang tepat, atau memberikan tambahan penjelasan kalau ada update terbaru.

      Hapus
    2. saya pake pilot street di fu, pemasangann sesuai dengan anjuran, depan ukuran 80/90 belakang 90/80 tapi ko stir terasa oleng apalagi pas di gas kerasa banget olengnya. mohon pencerahan

      Hapus
    3. sama persis gan, punyaku juga oleng / limbung. solusinya gimana yah ?

      Hapus
  8. Jadi ban dpn MPS 110/70 front
    Di pasang di ban belakang rotasinya terbalik dan alur kembangnya ngikutin alur ban belakang om? :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mas, betul...lebih gampangnya ikutin gambar. Kalau di pergunakan untuk roda depan arah panah tulisan front nya di sebelah kanan, kalau untuk ban belakang tulisan dan arah panah rear nya ada di sebelah kiri. Btw ukuran velg nya berapa? Soalnya tulisan gue mungkin gak berlaku untuk velg ukuran 17inch dan MPS RADIAL ya gaes...semoga besok2 ada yg nambahin buat itu.

      Hapus
  9. Salam kenal, saya baru aja beli ban michelin pilot street untuk jupiter mx ukuran dpn 70/90-17 & blkng 100/70-17. pemasangan ban depan pada motor sya tidak terbalik, seperti apa sdh telah dijelaskan oleh postingan diatas. Yg saya ingin tanyakan? Apakah tidak terjadi masalah pada daya cengkeraman ban itu tersebut! Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal, seharusnya kalau di pasang dengan benar tidak akan bermasalah dengan daya cengkram. Oh iya ada komen diatas dari agan "nunu cliquer" yang menjelaskan bahwa dia pernah membalik ban MPS nya dan mendapatkan hasil yang berbeda.

      Hapus
    2. Selama pemakaian ban ini. Jujur lebih enak dibuat riding baik perkotaan maupun pas diajak turing. Libas tikungan di sawaran dan lembang ajib bener pilot street. Untuk masalah pengereman motor aman terkendali. Motor verza dpn 110/70.dan blkng 130/70 bro

      Hapus
    3. Selama pemakaian ban ini. Jujur lebih enak dibuat riding baik perkotaan maupun pas diajak turing. Libas tikungan di sawaran dan lembang ajib bener pilot street. Untuk masalah pengereman motor aman terkendali. Motor verza dpn 110/70.dan blkng 130/70 bro

      Hapus
  10. Alhamdullilah gk jadi komplain ke Planet ban deh
    Gak jadi malu skrng ....
    Tx...penjelasan tentang ini jempol wrs

    BalasHapus
  11. yang bener alur sama seperti yg belakang masbro.
    klo alurnya terbalik rasanya motor gak enak karena cengkraman ban kejalan terlalu menggigit.

    BalasHapus
  12. Alhamdulilah.. Untung sebelum komplain ke planet ban googling dulu, nemu deh artikel penjelasan yg mantapz.. Terima kasih banyak Mr. Alasan atas artikelnya.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Ane pake Michelin dan begitu, tapi ane malah ngerasain ban slip saat dari diam atau jalan pelan ane pakai hi speed or gas sentak. Slip nya berasa bgt. Ada yang bisa bantu pemahaman jelasnya? Bisa wa 089630005737

    BalasHapus
  15. Ane pake Michelin dan begitu, tapi ane malah ngerasain ban slip saat dari diam atau jalan pelan ane pakai hi speed or gas sentak. Slip nya berasa bgt. Ada yang bisa bantu pemahaman jelasnya? Bisa wa 089630005737

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti riding style agan syahtra cenderung sesuai dengan yg arah rotasi nya dibalik, coba aja gan di balik.

      Hapus
    2. Mas NJMX sya 110/70, tp ban blakang saya front 110/80 dan rotation nya terbalik , ada dampak negatif nya ga , tp alur ban sesuai ban blakang sihh..

      Hapus
  16. gw td nya mau komplain cuma blm sempet ke planet ban, tp ternyata emang begitu ya pemasangan yg benar.
    gak jd komplain ah.

    BalasHapus
  17. Kalo hujan jalan basah apa air gak malah ngumpul di tengah ya untuk ban depan dan menyebabkan ban agak ngambang dan bahaya, soalnya kalo dilihat dari alur ban pilot yg ban depan kn malah mengumpulkan air bukan membelah air, itu sih pendapat saya. Mungkin ada yg mau memberi pencerahan?

    BalasHapus
  18. Saya barusan beli ban michellin untuk vario 125 ukuran ban depan 90/90-14 belakang 100/80-14,ban depan dipasang terbalik memang dr daya cengkram rem sangat baik tapi pada saat digunakan belok atau pun saat agak kencang setir depan kerasa berat & oleng...apakah emang efeknya seperti itu?
    Mohon pencerahannya bagi yg mengetahuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..saya juga sama keadaannya mas bro, mohon advice dan koreksinya para senior sekalian 😊

      Terimakasih sebelumnya ☺

      Hapus
    2. sama gan, punyaku juga oleng, tolong solusinya gimana yah ?

      Hapus
    3. Iya oleng pas belok...gmn ya...

      Hapus
  19. Berarti kesimpulannya untuk ban depan ikutin arah majunya panah "front" dan untuk ban belakang ikutin arah majunya panah "rear".

    BalasHapus
  20. Wah telat....sy dah ngomel aja td di planet ban

    BalasHapus
  21. Wah telat....sy dah ngomel aja td di planet ban

    BalasHapus
  22. wah sama ini, barusan baru di puter rotasinya... mesti ke tukang tambal ban lagi ini buat puter rotasinya lagi... hadeh....

    BalasHapus
  23. Kalo ga dipasang tebalik?? Apa gak ppa??

    BalasHapus
  24. Saya juga baru beli michellin 110/70-17 Depan dan 140/70-17,untuk ban belakang pasang dibengkel biasa saya beli bannya aja,soalnya ban pabrikan sampe sobek saking ga pernah ganti😂 nah malemnya kesana lagi pasang yang depan,udah mu dipasang,dicopot lagi sama karyawannya,ternyata dibalik, dikasih liat gambar sepintas yg ada di pamflet,pemasangan pilot dibalik,ya ragu awalnya, sampe brosing2 ketemu ini artikel,tadinya masih mau kesana lagi,nanya lebih jelas, soalnya berasa aneh gitu dilihat sepintas.hehehe

    BalasHapus
  25. Saya juga baru beli michellin 110/70-17 Depan dan 140/70-17,untuk ban belakang pasang dibengkel biasa saya beli bannya aja,soalnya ban pabrikan sampe sobek saking ga pernah ganti😂 nah malemnya kesana lagi pasang yang depan,udah mu dipasang,dicopot lagi sama karyawannya,ternyata dibalik, dikasih liat gambar sepintas yg ada di pamflet,pemasangan pilot dibalik,ya ragu awalnya, sampe brosing2 ketemu ini artikel,tadinya masih mau kesana lagi,nanya lebih jelas, soalnya berasa aneh gitu dilihat sepintas.hehehe

    BalasHapus
  26. alur ban terbalik, biasanya hanya untuk ban depan dan hanya untuk kendaraan berpengerak roda belakang, ini akan membantu daya cengkram ban pada saat pengereman, apabila di gunakan pada kendaraan dengan penggerak roda depan tidak akan berpengaruh.
    alur ban terbalik tidak disarankan untuk lintasan basah, ini dapat menyebabkan slip, karena alur buang air menjadi berlawan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju, ini bener2 ane alamin, di tempat ane tinggal cuacanya kadang2 hujan lebat, saat ban melewati permukaan sedikit basah/berlumpur, kemudi jadi agak sedikit goyang. Jadi agak takut juga klo melewati genangan air

      Hapus
  27. Trimaksih penjelasanya mas mαѕЪяσ° ternya bner jga ......klu ban mecelin depan pemasanganya di balik....

    BalasHapus
  28. Abis ke planet ban nanya karyawannya baru nemu artikel ini, haha

    BalasHapus
  29. Bisa fotoin gak gan.....arah kembang nya ban depan sama belakang....terima kasih

    BalasHapus
  30. Sama mas bro, aq br ganti ban dpn MI PLT STRE 70/90-14 dan blkg MI PLT STRE 80/90-14 Motor MIO J, cr pemasangan ban dpn sm sprti yg tlh di jlskn, tp ban dpn terasa oleng. Apa perlu di balik rotasix atau gmn. Minta penjelasanx sblm komplain ke planet ban. Terima kasih sblmx.

    BalasHapus
  31. Gua udah malu pas complaint ke planet ban kata montir ban Michelin emang gitu pasang nya saling berhadapan setelah gua cek ke Google eddddaaahhhh emang bener gitu salam Jupiter Burhan yang paket ban Michelin.....

    BalasHapus
  32. Rasanya agak oleng setelah ganti ban, stang terasa liat banget kalau kecepatan rendah

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Tolong ajarin dong cara liat kadaluarsanya di pilot steet

    BalasHapus
  35. Udh setaun pake MPS, sering slip trs roda depan. Ternyata pemasangannya tidak sesuai anjuran. Tq infonya agan2....

    BalasHapus
  36. Saya juga baru ganti Michelin Pilot Street, hanya ban depan. Ban belakang masih Dunlop. The very first time riding setelah dipasang, rada oleng kayak ZigZag gt. Terutama kalo mau belok, hati2 ya guys pelan2 aja dulu . Mgkn krn lagi penyesuaian dan juga beda antara kembang depan (michelin) dan ban belakang (dunlop).kesimpulan saya gitu. Lagipula setelah dipakai 2 -3 hr dst, mulai ada adaptasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gan, oleng ga enak, ngeriii, pas nyalip ga bisa langsung manuver dari setang, mesti bawa badan buat agak miringin motor

      Hapus
    2. BNR gan awal2 aja rada oleng dpt bbrp hari stabil...

      Hapus
  37. Minta masukannya mas. Saya baru beli ban michelin depan 90/80-17, belakang 110/70-17 belakang. Jadi pertanyaan saya pemasangan bannya sesuai dengan panah atau di atau sesuai dengan kembangnya mas. Terima kasih

    BalasHapus
  38. Minta masukannya mas. Saya baru beli ban michelin depan 90/80-17, belakang 110/70-17 belakang. Jadi pertanyaan saya pemasangan bannya sesuai dengan panah atau di atau sesuai dengan kembangnya mas. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Sesuai yang ditulis pada artikel gan.. Ban Depan (tulisan front-rear nya sebelah kanan), Ban Belakang (tulisan front-rear sebelah kiri) .. Atau lihat dari depan alurnya, Ban Depan cocoknya kembang A (handling), Ban Belakang paling enak kembang V (grip dan rem).. Atau coba lihat pada gambar ban di atas, ban kiri-Depan, ban kanan-Belakang .. Itu rekomendasi (riset), sebenarnya kebalik jg gpp .. Asal makenya pelan-pelan .. Hehe

      Hapus
    3. 23/05/2023 Aku baru saja ganti MPS 100/80-14 belakang, 90/80-14 Depan. Dengan rotasi sesuai arahan pabrik. Hasilnya oke kok.dengan catatan ketebalan ban depan dan belakang sama. Kalau belakang 80, Depan pun harus 80. Kalau belakang 80 terus depan 90, ya auyo oleng Kapten. Akselerasi jadi berat soalnya depannya keti ggian. 🙏🏻🙏🏻🙏🏻

      Hapus
  39. Motor coba diberdirikan,dan lihat dari depan ya gan. Coba lihat kembangnya Michelin bisa huruf A bisa huruf V klo dibolak balik. Ban depan-belakang bisa A-V atau V-V, yang penting ban belakang V untuk pemgereman dan grip optimal. Klo ban depan bisa A bisa V, tapi enaknya A biar untuk handling, bahaya klo ban depan V, rem depan gak boleh terlalu pakem.

    Untuk ban baru awal awal pasang memang belum terlalu enak, biasanya 2 hingga 7 hari baru enak (sebulan lebih enak), belum bulat sempurna mas bro.

    Klo untuk yang oleng-oleng kemungkinan itu komstirnya terlalu ringan, dikasih ban depan lebih tinggi dari belakang, misal depan 90-90 belakang 110-80. Coba komstir distel kenceng dulu ke tukang bengkel mas bro, setelah itu pakai ternyata ngga enak, balik lagi ke bengkel trus minta diringankan terlalu berat. Tapi klo ternyata masih oleng atau oblak, berarti komstir sudah lemah, minta diganti (di atas 20.000km perjalanan), plus..ban depan ganti jangan lebih tinggi dari ban belakang mas bro, ganti 90-80. Sip.. udah gtu oli shock depan ganti, shock depan pake original, belakang pake shock YSS, karena ban udah gede...Dijaminn mantappp...!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. punyaku oleng pakai ukuran standar, depan 80/90 belakang 90/90. setelah ganti, keluar tempat ganti ban langsung oleng ga enak :(

      Hapus
    2. Buat cahyadi..ini masukan aja ya😁 motor saya matic vario 150..ternyata memang motor ini lemah bgt bagian komstir, harus distel terus setiap 5000 km. Tadinya saya pakai michelin 90/90dan110/80 pilot street, kurang enak karena suka slip dan gk grip alurnya (cocok buat motor kebut dan bobot berat). Saya ganti michelin city grip standar 80/90dan90/90, yang ini WOW grip banget rekomen buat motor matic yang ringan dan bermedan offroad atau aspal, enak corneringnya (cuma mungkin alur gripnya agak menghambat kecepatan). Enak dipakai belok sampai miring, santai enak, kebut lumayan, hanya cepat kotor klo kena tanah dan menghambat laju. Klo pilot street ban kotor cepat bersihnya, cuma ngga enak licinnya itu, dan sedikit takut klo belok miring atau lewat jalan tanah. Saya suka michelin karena memang bahannya kokoh dan awet sesuai harga, produk lain yang setara mungkin pirelli diablo, klo batlaxx tingginya 80 semua ngga ada yang 90, setelah itu saya suka produk corsa, federal, aspira, irc.

      Saya juga ganti komstir 130rb di ahass pusat di bandung pemasangan 50 menit saja. Ternyata memang komstir yang mudah banget lemah kemungkinan di kilometer 20rb sudah terasa, karena medan perjalanan saya bervariasi 80km pp tiap hari. Setelah ganti komstir enaknya awet banget dan oleng hilang, ..tapi setelah 4000km terasa perubahan komstir, jadi berat tapi tidak separah sebelum ganti (sepertinya hanya butuh stel saja), tidak oleng. Saya juga ganti oli shock di kilometer 15000km, motor kembali empuk seperti baru beli. Hanya itu saja, motor pun jadi normal kembali tanpa masalah, malah lebih enak, awet lebih lama.

      Di rekomen buat motor ini, jangan pake ban besar dari standar 80/90-90/90, jadi buat masalah di CVT klo ngga di modif, standar saja...begitu juga roller, pake saja yang ori ahass dan memang masa pakainya sekitar 12000km sudah peyang.

      Hapus
  40. Pagi kawan semua .motor saya mio smile 2009 Saya pasang ban yg sama Michelin pilot street .
    Sales pasang hampir 1 jam lebih karna ada bagian yg kurang pas / lis nya gak pas di velg
    Terus akhir nya di pasang aja . Namun ban egol egol.
    Rencana hari ini saya coba mau komplain

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan jangan velgnya ada yang benjol, akibat pernah kena benturan..

      Hapus
  41. Barusan pasang 80/80-14 ban depan, blakang 80/90 michelin buat fino, sempet bingung kenpa depn dipsng A dan belkang V setelah googling memang risetnya michel begitu, langsung tes speed nikung mantab...ban lengket diaspal. risetnya keren.

    BalasHapus
  42. Gan ane baru ganti ban pilot street ukuran 110/70 untuk fornt (depan)
    Saya pasang di belakang di balik rotasinya
    Itu aman gak?
    Kata sales planet ban sih gak papa, michelin bannya itu universal bisa untuk depan dan belakang tinggal menyesuaikan.
    Mohon di jelaskan gan, terima kasih

    BalasHapus
  43. Berarti klo untuk ban depan posisi kembang nya di balik ya gan.,.saya jg baru 1 bln ganti komstir di AHASS tp terkadang pas di bawa pelan motor limbung n stir terasa berat kaya ada yg ngendaliin alis susah di kendalikan.mhon pencerahan nya

    BalasHapus
  44. Salam kenal, motor saya beat th 2013. Pada awalnya saya pakai pilot street bingung juga. Kok rotasinya beda sama ban2 yg lain. Trus saya tanya di planet ban tempat saya pasang ban. Katanya memang pola dibuat terbalik biar kalau nge rem mendadak ban belakang nggak selip, ditambah lagi bahannya memang beda dengan ban yg lain.
    Pernah aku coba boncengan dengan anak saya, ke daerah batu malang lewat daerah payung yg terkenal berliku2 dan menanjak. Ternyata enak juga akselerasinya nggak selip atau apapun. Kecepatan motor saya 50-60 Km/ jam
    So, memang pola dan rotasi yg dibuat ada fungsinya dan nggak asal buat.
    Salam kenal.

    BalasHapus
  45. Gw jg keder...pk ban michelin...ko k blk rotasinya...d pake gibeg ban dpn k stang...stlh brosing2 dan blk lg k tkg banny...oh gt tuh alasannya....ok lah. Mantap

    BalasHapus
  46. Saya tadi juga komplin ke planet ban dan bilang sama mekaniknya mas bro masang bannya kok terbalik, trus dia jelasin kalok michelin ban depan masangnya memang gitu trus dijelasin panjang lebar akhirnya aku paham, makasih penjelasannya

    BalasHapus
  47. Sama michelin pilot motogp juga...untung sy googling dulu ga komplen ke Planet Ban... gampang sih intinya tinggal pasang arah panah nya untuk depan di sebelah kanan ban belakang di sebelah kiri...makasih atas info nya gan

    BalasHapus
  48. Untung gogling dulu kalo balik ke ke planet ban tadi nyita waktu juga . trims masbro infonya

    BalasHapus
  49. Saya juga pake tapi dan bertolak belakang dgn anjuran yg ada di ban. Saya mengikuti Pola kembang yg seperti pada umumnya. Tebukti kemaren Touring pd saat hujan gak oleng pada saat nikung Ada teman yg ngikutin pola yg disarankan pd ban.. Hasilnya Ban cepat Habis

    BalasHapus
  50. Makasih infonya mas. Tadi baru aja beli ban Michelin. Tadi bingung banget. Kirain kebalik eh ternyata emang aturannya gitu hhe

    BalasHapus
  51. Menurut saya sih yang paling bener adalah sesuai aturan dari pabrik michelinnya depan-A, belakang-V, krn mereka kan pasti sudah melalui riset dan percobaan oleh ahlinya. Tetapi kembali lg kepada kita tergantung gimana nyamannya.

    BalasHapus
  52. Kalau menurut aku kok front and rear menunjuk pada rotasi bannya ya,supaya arah roda tetap dari front ke rear,shg kalau punya saya,bentuk kembangan depan huruf A dan kembangan belakang huruf V,pas spt yg dipasang diroda moge

    BalasHapus
  53. Kalau dipasang misal ban depan dg front menunjuk arah depan,dan belakang dipasang dg tanda rear menunjuk ke arah depan,nanti kembangan jadi sama dong,ban depan dan belakangnya

    BalasHapus
  54. Baru aja ganti ban tubeless Michelin City Grip.. trnyata memang bannya bisa dipasang bolak balik ya.. klo ban dipasang di belakang, tinggal sesuaikan arah panah yg Rear.. demikian juga sebaliknya buat ban depan tinggal ngepasin panah rotasi yg front..

    Tadinya sy kira juga kebalik.. makasih sudah kasih pencerahan om..

    BalasHapus
  55. Motor ane Vario 125 Ban blkg Michelin pilot street 90/90-14 , ban depan masih standar bawaan motor FDR, karena udah gundul ban depan, ane ganti maxxis 80/90-14 alur kembangan, panah normal, yg jadi masalah skrg ko skrg jalannya motor jadi oleng2, apa masih baru blm adaptasi apatuh ban? Apa harus ganti ke Michelin jg? Ada solusinya boss???

    BalasHapus
  56. Yang benar ya mana
    Soalnya gak ada tulisan rotasinya.

    BalasHapus
  57. Wahaha gua baru aja ngalamin, dan akhirnya searching 🤣🤣🤣
    Eh alhamdulillah nemu ini
    Kalo cerita gua, gua kan udah di kasih tau sama mekanik nya, katanya ini bukan kebalik ya mas, Rata-rata ban premium kaya gini berbalik arah
    Gua mah orang nya ga nyeyel ya, jadi oke oke aja
    Setelah pulang temen² pada ngomong (ban depan lo masang nya kebalik noh) gitu aja terus sampe semua orang di tanya
    Dan lebih parah nya yg ditanya temen gua, pada jawab iya kebalik itu
    Jadi setelah seminggu gua balik lagi ke planet ban, eh di jelasin dengan detail
    Sama kaya jawaban lo bro
    Sudah di trening dsb..
    Jadi malu sendiri anjirrt 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  58. Agak tergelitik untuk memberi komen ttg arah rotasi, di ban MPS sudah diberikan arah rotasi petunjuk front/rear. Sepemahaman ane front itu arah rotasi ban saat melaju ke depan, rear arah rotasi ban saat mundur ke belakang.
    Perihal rotasi front/rear juga terdapat di ban mobil, ente bs imajinasikan ban mobil ada 4 yang posisi velg ban berbeda antara kiri dan kanan. Sehingga arah rotasi dijadikan petunjuk dalam pemasangan ban.
    IMHO terlepas dr penjelasan mekanik mengenai daya cengkram, perbedaan pemasangan antara ban depan/belakang, sudah ditraining bla bla bla.. atau apapun itu, saya lebih memilih pemasangan ban mengikuti arah rotasi yang sudah diciptakan oleh pabrik Michelin..
    Kembali lagi itu menjadi pilihan anda masing2.

    BalasHapus
  59. Aduh saya juga barusan balik lagi ke planet ban tadinya mau complaint pemasangan.ceritanya tadi pagi saya ganti ban michelin pilot street barusan iseng lihat alur terbalik.langsung balik lagi kevplanet eh dijaeabnya gitu yg depan buat membuyarkan air.masih ragu buka google nemu ini ternyata benar.jadi malu sendiri kaya ngga pwrcaya sama mekanik

    BalasHapus
  60. Alhamdulillah..puas...baru saja pasang ban depan..di bilangin sama mekaniknya..arah putaran ban depan michelin emang begitu...trus kbtulan ada motor pake ban yang sama....plus artikrl ente...puas dah .penasaran ilang...hehehe..

    BalasHapus
  61. Aku beberapa hari yang lalu baru pasang ban Michellin seperti teman-teman diatas. Nah setelah pasang itu terasa oleng bagian belakang. Kebetulan aku pas ban belakang. Setelah 1 hari pemasangan aku kembali ke planet ban, kata mekaniknya emang michellin kaya gitu dan perlu penyesuaian karena masih baru. Dan terus saya disuruh kembali ke planet ban sekitar 1-2 minggu.Nah ada yang pernah ngalamin juga ? Boleh sharing solusinya gimana

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Oli Gardan Vario 125 Rembes? Lubang "Cantik" ini penyebabnya

Ganti Kruk as / Crankshaft Vario 125