Arah rotasi ban michelin pilot street tidak mem-bingung-kan
Sehari setalah ganti ban, gue iseng memperhatikan tanggal kadaluarsa ban...dan hasilnya masih ok. Depan diproduksi minggu ke 11 tahun 2014, dan belakang minggu ke 3 tahun 2014. Hmmmmm...gak mungkin juga sih gue buka satu per satu untuk dapet minggu produksi terkini....huehehehe...yakali....
Lagi iseng puter2 ban tanpa sengaja mata ngeliat arah panah rotasi putaran ban. Memang untuk michelin pilot street arah panah nya rada kurang meyakinkan. Ok gue pakai bahasa ini karena sebagai orang yang bisa baca tulis mustinya gue paham dengan arti kata front = depan, rear = belakang.
Cekibrooh :
Ban depan tulisan ada di sebelah kanan
Naaaaah...sebelum gue gagal paham..sekalian lewat berangkat kerja, mampir planet ban lagi buat tanya2. Dan dijawab dengan gamblang oleh karyawan planet ban :
"Michelin pilot street memang sifatnya universal, bisa untuk depan atau belakang. Tinggal menyesuaikan ukuran velg."
Lalu gue pun diberikan penjelasan tentang daya cengkram pola ban, dsb..dsb. Termasuk gambar marketing mereka tentang sepasang ban michelin pilot street dengan pola yang sama tapi alur berlawanan seperti ini :
Nah...lebih gamblang kan...
Lebih gamblang lagi pas karyawan planet ban bilang
"Kita sudah di training sama michelin kok om..tenang aja."
Sedap!
And bi-lif-me..klo ente goooogling kagak bakal nemu jawaban meyakinkan. Paling keren ada yg jawab di forum :
"emang gitu bro klo michelin"
Nah mengenai ilmu daya cengkram pola ban yang sama tapi dibalik udah banyak bertebaran artikelnya, disebutkan memang dengan membalik arah rotasi akan membuat pengereman lebih mantap terutama saat miring. Eits! Jangan asal balik arah rotasi ban...sesuaikan dengan peruntukan dan anjuran dari pabrik, yang tentunya sudah disertai dengan tanda baca.
"Jangan tergiur dengan anjuran sales, kita hargai kerja mereka, namun kita harus peka."
Yang ada nanti malah sampeyan kehilangan traksi alias daya cengkram dan ndlosor...huehehehe.
Salam lengket!
OOoo gtu bro..
BalasHapuspantesan ane kan baru pasang ban yg sama kaya punya ente.. ane liat nih di planet ban... nih orang masangnya terbalik apa gmn gtu... cos utk ban depan kok alur kembangnya terbalik.. cuma di display ban nya ane perhatiin ane cari2 tanda rotasinya.. kok ada rear ada front menunjuk ke arah yg berbeda.. ya uda ane simpulkan aja.. kaya penjelasan u itu bro.. di pasang di ban depan brati alurnya kaya terbalik.. tar klo dia salah ane mw balik komplen.. wkwkwk sebelum itu ane mw cari2 info dlu di web nya cuma ga ketemu di gogle juga.. kampret emang.. wkwkwk akhirnya nemu penjelasan yg sipp dr ente.. wkwkw ga jadi balik komplen deh klo gtu heheh..
the inpo nya gan.. untung ada u yg nge bahas kaya ginian wkwkw klo nggak apa jadinya gw komple ke sono ternyata gw yg salah.. :hammer: hehe thx
sama bang ane baru psang 3 hari. ini salh pasang apa gmna.. beda alur nya... 😂😂
Hapusbener, ane juga barusan pasangban mpilot sempat komplain ke planet ban ternyata jawabnya sama sehingga kusimpulkan jika ban ukuran 80-90 akan dipasang dibelakang penunjukan tanada panah bener samapai aku lihat ban motor lain ternaya bener jadi malu tapi mereka seneng kalau kita bertanya dan aku puas penjelasan mereka .... ok ia menjamn tidak salah pasang
Hapussama-sama...senang bisa membantu.
BalasHapusbaru saja tadi ganti dng pilot street.
BalasHapusterus perhatikan... tulisan di ban depan "rear" dng arah panah terbalik
dan di ban belakang ada tulisan "front" dng arah panah terbalik.
Hwarakadah... apa salah punya nih..?!!
langsung googling dan ketemu tulisan sampeyan.
liat foto alur kembangannya sama, jadi kali masangnya benar kali ya...
karena bisa dipasang bebas, asal alur kembangan sama...
Sama persis kayak punyaq tapi ban depan kerasa sekali oleng. Knp yah?
Hapussama gan, ban depan kerasa oleng / limbung.
Hapusgue juga barusan beli ban michelin pilot. rasanya kayak oleng2 gtu...apa karena alur ban dibalik, jadinya seperti itu??kalo untuk belokan mantap. cuma kalo jalan lurus, agak oleng...
HapusKacau brooo , saya juga barusan ganti michelin ban depan 80/80 dan belakang 90/80 terasa banget ga enak nya ...
HapusKalau belok kiri terasa banget da oleng nya .. Kalau belok kanan engak oleng ...
Benar2 kecewa saya ma produk michellin ..
Sama nih barusan ganti ban dpn,,rasanya berat m oleng,,
HapusSama pas baru ganti oleng jg, gw pikir komstir gw rusak/anginya kebanyakan.
HapusTp makin kesini krna sering di pake, udh ga oleng lg malah jd enak
Aji
HapusMff bukanya sok tau.., tpi untuk ban depan oleng coba cek lingkar pelek anda bisa mungkin sudah bengkong., trimakasih.,
HapusMau kasi edukasi aja buat produk michelin , gua bli michelin ukuran oversise belakang pilot street yg depan pilot street 2 , nah gue pikir masangnya bakal terbalik buat yg depan ,pas gua liat ternyata engga, but ga masalah sih bagi gua selagi masangnya bner lurus , bakalan aman2 aja , malah lebih enak, tapi gua saranin untuk isi angin jngan terlalu keras ya tetep anjuran standart aja gua karna kekerasan emng jadi jadi enak sih belok enak and tinggi ,tapi jalan geradak sedikit serasa nyiksa komstir sama shokbreaker , gw kempesin sedikit gw kasi nitrogen sama psi angin yg sesuai alhamdulillah jadi enak empuk bgt , padahal ban masi baru bgt, rambut karetnya .
HapusSore gan..hehehe.. :)
BalasHapussekedar sharing pengalaman..ane 3 hari yg lalu baru ganti ban michelin pilot street buat ninja RR ..
Setelah ganti ban, Ane blom sadar tuh klo ban arah rotasinya ke balik... Pas ane dr bengkel buat service bulanan, eh mekanik nya bilang " mas, Ban nya ke balik", nah lgsg aja ane mnta tuh mekanik buat benerin.. dalem Hati gw mau komplain niih ke planet ban. nah setelah service ane lgsg menuju ke planet ban yg kmarin ane pasang.. nah disana ane di kasih penjelasan pas kaya artikel di atas.. awalnya sih gw marah2 eh setelah di jelasin gitu jadi tersipu malu..hehehhe :)
Kesimpulan: pas pake arah rotasi di balik= Pengereman lebih menggigit tapi ban belakang ga ngesot..pokoknya gripnya mantap..
Pas ane balik sesuai arah rotasi= pengereman sama2 menggigit tapi klo belok sambil ngerem belakang motor sedikit sliding...
ane pakai ban ukuran= depan( 90/80-17), belakang(110/70-17)
Enakan yg mna mnurut mas bro,, saya baru ganti di tamabk ban,, alur ban depan seperti ban belakang,,, apa sebaiknya di balik lgi yg depan sesuai petunjuk di ban nya,, mksih
HapusMas nunu untuk ban belakang ukuran 110/70-17 sampean masang sesuai dengan panah atau sesuai dengan kembangnya. Terima kasih mohon infonya mas supayaa engga salah masang saya.
HapusMas nunu untuk ban belakang ukuran 110/70-17 sampean masang sesuai dengan panah atau sesuai dengan kembangnya. Terima kasih mohon infonya mas supayaa engga salah masang saya.
HapusPersis bang ane baru aja liat ban tadi eh bawaan sewot sampe Sono dijelasin panjang lebar serasa males aja dengerin karena malu :v cmn kayaknya ane perlu adaptasi dulu rasanya kayak agak ga familiar cmn buat overall ok ini ban
HapusSama bro
BalasHapusdi hari kartini aq ganti ban michelin, depan 100/80/17 dan blkng 130/70/17. Kl aq sih sebelum udah d ksh tau ma orang planet bannya, kl pemasangan ban depan alurnya mmg terbalik
Berarti kalo ban depan MPS 110/70/17 dijadikan ban belakang, alurnya dibalik mengikuti regulasi alur ban belakangnya..... Begitukah kesimpulannya om momod? Nuwus.
BalasHapusYa betul..lebih tepatnya mengikuti ukuran besar kecil nya velg/ban
HapusJadi ban dpn MPS 110/70 front
HapusDi pasang di ban belakang rotasinya terbalik dan alur kembangnya ngikutin alur ban belakang om? :v
Terima kasih atas penjelasan yg punya blog
BalasHapusSaya selaku karyawan planet ban
Mengucapkan terima kasih
Telah membantu menyebarkan info ini
Sama2 mase…mohon kesediaannya memberikan pencerahan jika ada kata2 saya yg kurang tepat, atau memberikan tambahan penjelasan kalau ada update terbaru.
Hapussaya pake pilot street di fu, pemasangann sesuai dengan anjuran, depan ukuran 80/90 belakang 90/80 tapi ko stir terasa oleng apalagi pas di gas kerasa banget olengnya. mohon pencerahan
Hapussama persis gan, punyaku juga oleng / limbung. solusinya gimana yah ?
HapusJadi ban dpn MPS 110/70 front
BalasHapusDi pasang di ban belakang rotasinya terbalik dan alur kembangnya ngikutin alur ban belakang om? :v
Ya mas, betul...lebih gampangnya ikutin gambar. Kalau di pergunakan untuk roda depan arah panah tulisan front nya di sebelah kanan, kalau untuk ban belakang tulisan dan arah panah rear nya ada di sebelah kiri. Btw ukuran velg nya berapa? Soalnya tulisan gue mungkin gak berlaku untuk velg ukuran 17inch dan MPS RADIAL ya gaes...semoga besok2 ada yg nambahin buat itu.
HapusSalam kenal, saya baru aja beli ban michelin pilot street untuk jupiter mx ukuran dpn 70/90-17 & blkng 100/70-17. pemasangan ban depan pada motor sya tidak terbalik, seperti apa sdh telah dijelaskan oleh postingan diatas. Yg saya ingin tanyakan? Apakah tidak terjadi masalah pada daya cengkeraman ban itu tersebut! Terimakasih.
BalasHapusSalam kenal, seharusnya kalau di pasang dengan benar tidak akan bermasalah dengan daya cengkram. Oh iya ada komen diatas dari agan "nunu cliquer" yang menjelaskan bahwa dia pernah membalik ban MPS nya dan mendapatkan hasil yang berbeda.
HapusSelama pemakaian ban ini. Jujur lebih enak dibuat riding baik perkotaan maupun pas diajak turing. Libas tikungan di sawaran dan lembang ajib bener pilot street. Untuk masalah pengereman motor aman terkendali. Motor verza dpn 110/70.dan blkng 130/70 bro
HapusSelama pemakaian ban ini. Jujur lebih enak dibuat riding baik perkotaan maupun pas diajak turing. Libas tikungan di sawaran dan lembang ajib bener pilot street. Untuk masalah pengereman motor aman terkendali. Motor verza dpn 110/70.dan blkng 130/70 bro
HapusAlhamdullilah gk jadi komplain ke Planet ban deh
BalasHapusGak jadi malu skrng ....
Tx...penjelasan tentang ini jempol wrs
yang bener alur sama seperti yg belakang masbro.
BalasHapusklo alurnya terbalik rasanya motor gak enak karena cengkraman ban kejalan terlalu menggigit.
Alhamdulilah.. Untung sebelum komplain ke planet ban googling dulu, nemu deh artikel penjelasan yg mantapz.. Terima kasih banyak Mr. Alasan atas artikelnya.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAne pake Michelin dan begitu, tapi ane malah ngerasain ban slip saat dari diam atau jalan pelan ane pakai hi speed or gas sentak. Slip nya berasa bgt. Ada yang bisa bantu pemahaman jelasnya? Bisa wa 089630005737
BalasHapusAne pake Michelin dan begitu, tapi ane malah ngerasain ban slip saat dari diam atau jalan pelan ane pakai hi speed or gas sentak. Slip nya berasa bgt. Ada yang bisa bantu pemahaman jelasnya? Bisa wa 089630005737
BalasHapusBerarti riding style agan syahtra cenderung sesuai dengan yg arah rotasi nya dibalik, coba aja gan di balik.
HapusMas NJMX sya 110/70, tp ban blakang saya front 110/80 dan rotation nya terbalik , ada dampak negatif nya ga , tp alur ban sesuai ban blakang sihh..
Hapusgw td nya mau komplain cuma blm sempet ke planet ban, tp ternyata emang begitu ya pemasangan yg benar.
BalasHapusgak jd komplain ah.
Kalo hujan jalan basah apa air gak malah ngumpul di tengah ya untuk ban depan dan menyebabkan ban agak ngambang dan bahaya, soalnya kalo dilihat dari alur ban pilot yg ban depan kn malah mengumpulkan air bukan membelah air, itu sih pendapat saya. Mungkin ada yg mau memberi pencerahan?
BalasHapusSaya barusan beli ban michellin untuk vario 125 ukuran ban depan 90/90-14 belakang 100/80-14,ban depan dipasang terbalik memang dr daya cengkram rem sangat baik tapi pada saat digunakan belok atau pun saat agak kencang setir depan kerasa berat & oleng...apakah emang efeknya seperti itu?
BalasHapusMohon pencerahannya bagi yg mengetahuu
Wah..saya juga sama keadaannya mas bro, mohon advice dan koreksinya para senior sekalian 😊
HapusTerimakasih sebelumnya ☺
sama gan, punyaku juga oleng, tolong solusinya gimana yah ?
HapusIya oleng pas belok...gmn ya...
HapusBerarti kesimpulannya untuk ban depan ikutin arah majunya panah "front" dan untuk ban belakang ikutin arah majunya panah "rear".
BalasHapusWah telat....sy dah ngomel aja td di planet ban
BalasHapusWah telat....sy dah ngomel aja td di planet ban
BalasHapuswah sama ini, barusan baru di puter rotasinya... mesti ke tukang tambal ban lagi ini buat puter rotasinya lagi... hadeh....
BalasHapusKalo ga dipasang tebalik?? Apa gak ppa??
BalasHapusSaya juga baru beli michellin 110/70-17 Depan dan 140/70-17,untuk ban belakang pasang dibengkel biasa saya beli bannya aja,soalnya ban pabrikan sampe sobek saking ga pernah ganti😂 nah malemnya kesana lagi pasang yang depan,udah mu dipasang,dicopot lagi sama karyawannya,ternyata dibalik, dikasih liat gambar sepintas yg ada di pamflet,pemasangan pilot dibalik,ya ragu awalnya, sampe brosing2 ketemu ini artikel,tadinya masih mau kesana lagi,nanya lebih jelas, soalnya berasa aneh gitu dilihat sepintas.hehehe
BalasHapusSaya juga baru beli michellin 110/70-17 Depan dan 140/70-17,untuk ban belakang pasang dibengkel biasa saya beli bannya aja,soalnya ban pabrikan sampe sobek saking ga pernah ganti😂 nah malemnya kesana lagi pasang yang depan,udah mu dipasang,dicopot lagi sama karyawannya,ternyata dibalik, dikasih liat gambar sepintas yg ada di pamflet,pemasangan pilot dibalik,ya ragu awalnya, sampe brosing2 ketemu ini artikel,tadinya masih mau kesana lagi,nanya lebih jelas, soalnya berasa aneh gitu dilihat sepintas.hehehe
BalasHapusalur ban terbalik, biasanya hanya untuk ban depan dan hanya untuk kendaraan berpengerak roda belakang, ini akan membantu daya cengkram ban pada saat pengereman, apabila di gunakan pada kendaraan dengan penggerak roda depan tidak akan berpengaruh.
BalasHapusalur ban terbalik tidak disarankan untuk lintasan basah, ini dapat menyebabkan slip, karena alur buang air menjadi berlawan.
setuju, ini bener2 ane alamin, di tempat ane tinggal cuacanya kadang2 hujan lebat, saat ban melewati permukaan sedikit basah/berlumpur, kemudi jadi agak sedikit goyang. Jadi agak takut juga klo melewati genangan air
HapusTrimaksih penjelasanya mas mαѕЪяσ° ternya bner jga ......klu ban mecelin depan pemasanganya di balik....
BalasHapusAbis ke planet ban nanya karyawannya baru nemu artikel ini, haha
BalasHapusBisa fotoin gak gan.....arah kembang nya ban depan sama belakang....terima kasih
BalasHapusSama mas bro, aq br ganti ban dpn MI PLT STRE 70/90-14 dan blkg MI PLT STRE 80/90-14 Motor MIO J, cr pemasangan ban dpn sm sprti yg tlh di jlskn, tp ban dpn terasa oleng. Apa perlu di balik rotasix atau gmn. Minta penjelasanx sblm komplain ke planet ban. Terima kasih sblmx.
BalasHapusGua udah malu pas complaint ke planet ban kata montir ban Michelin emang gitu pasang nya saling berhadapan setelah gua cek ke Google eddddaaahhhh emang bener gitu salam Jupiter Burhan yang paket ban Michelin.....
BalasHapusRasanya agak oleng setelah ganti ban, stang terasa liat banget kalau kecepatan rendah
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTolong ajarin dong cara liat kadaluarsanya di pilot steet
BalasHapusUdh setaun pake MPS, sering slip trs roda depan. Ternyata pemasangannya tidak sesuai anjuran. Tq infonya agan2....
BalasHapusSaya juga baru ganti Michelin Pilot Street, hanya ban depan. Ban belakang masih Dunlop. The very first time riding setelah dipasang, rada oleng kayak ZigZag gt. Terutama kalo mau belok, hati2 ya guys pelan2 aja dulu . Mgkn krn lagi penyesuaian dan juga beda antara kembang depan (michelin) dan ban belakang (dunlop).kesimpulan saya gitu. Lagipula setelah dipakai 2 -3 hr dst, mulai ada adaptasi.
BalasHapussama gan, oleng ga enak, ngeriii, pas nyalip ga bisa langsung manuver dari setang, mesti bawa badan buat agak miringin motor
HapusBNR gan awal2 aja rada oleng dpt bbrp hari stabil...
HapusMinta masukannya mas. Saya baru beli ban michelin depan 90/80-17, belakang 110/70-17 belakang. Jadi pertanyaan saya pemasangan bannya sesuai dengan panah atau di atau sesuai dengan kembangnya mas. Terima kasih
BalasHapusMinta masukannya mas. Saya baru beli ban michelin depan 90/80-17, belakang 110/70-17 belakang. Jadi pertanyaan saya pemasangan bannya sesuai dengan panah atau di atau sesuai dengan kembangnya mas. Terima kasih
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusSesuai yang ditulis pada artikel gan.. Ban Depan (tulisan front-rear nya sebelah kanan), Ban Belakang (tulisan front-rear sebelah kiri) .. Atau lihat dari depan alurnya, Ban Depan cocoknya kembang A (handling), Ban Belakang paling enak kembang V (grip dan rem).. Atau coba lihat pada gambar ban di atas, ban kiri-Depan, ban kanan-Belakang .. Itu rekomendasi (riset), sebenarnya kebalik jg gpp .. Asal makenya pelan-pelan .. Hehe
Hapus23/05/2023 Aku baru saja ganti MPS 100/80-14 belakang, 90/80-14 Depan. Dengan rotasi sesuai arahan pabrik. Hasilnya oke kok.dengan catatan ketebalan ban depan dan belakang sama. Kalau belakang 80, Depan pun harus 80. Kalau belakang 80 terus depan 90, ya auyo oleng Kapten. Akselerasi jadi berat soalnya depannya keti ggian. 🙏🏻🙏🏻🙏🏻
HapusMotor coba diberdirikan,dan lihat dari depan ya gan. Coba lihat kembangnya Michelin bisa huruf A bisa huruf V klo dibolak balik. Ban depan-belakang bisa A-V atau V-V, yang penting ban belakang V untuk pemgereman dan grip optimal. Klo ban depan bisa A bisa V, tapi enaknya A biar untuk handling, bahaya klo ban depan V, rem depan gak boleh terlalu pakem.
BalasHapusUntuk ban baru awal awal pasang memang belum terlalu enak, biasanya 2 hingga 7 hari baru enak (sebulan lebih enak), belum bulat sempurna mas bro.
Klo untuk yang oleng-oleng kemungkinan itu komstirnya terlalu ringan, dikasih ban depan lebih tinggi dari belakang, misal depan 90-90 belakang 110-80. Coba komstir distel kenceng dulu ke tukang bengkel mas bro, setelah itu pakai ternyata ngga enak, balik lagi ke bengkel trus minta diringankan terlalu berat. Tapi klo ternyata masih oleng atau oblak, berarti komstir sudah lemah, minta diganti (di atas 20.000km perjalanan), plus..ban depan ganti jangan lebih tinggi dari ban belakang mas bro, ganti 90-80. Sip.. udah gtu oli shock depan ganti, shock depan pake original, belakang pake shock YSS, karena ban udah gede...Dijaminn mantappp...!!
punyaku oleng pakai ukuran standar, depan 80/90 belakang 90/90. setelah ganti, keluar tempat ganti ban langsung oleng ga enak :(
HapusBuat cahyadi..ini masukan aja ya😁 motor saya matic vario 150..ternyata memang motor ini lemah bgt bagian komstir, harus distel terus setiap 5000 km. Tadinya saya pakai michelin 90/90dan110/80 pilot street, kurang enak karena suka slip dan gk grip alurnya (cocok buat motor kebut dan bobot berat). Saya ganti michelin city grip standar 80/90dan90/90, yang ini WOW grip banget rekomen buat motor matic yang ringan dan bermedan offroad atau aspal, enak corneringnya (cuma mungkin alur gripnya agak menghambat kecepatan). Enak dipakai belok sampai miring, santai enak, kebut lumayan, hanya cepat kotor klo kena tanah dan menghambat laju. Klo pilot street ban kotor cepat bersihnya, cuma ngga enak licinnya itu, dan sedikit takut klo belok miring atau lewat jalan tanah. Saya suka michelin karena memang bahannya kokoh dan awet sesuai harga, produk lain yang setara mungkin pirelli diablo, klo batlaxx tingginya 80 semua ngga ada yang 90, setelah itu saya suka produk corsa, federal, aspira, irc.
HapusSaya juga ganti komstir 130rb di ahass pusat di bandung pemasangan 50 menit saja. Ternyata memang komstir yang mudah banget lemah kemungkinan di kilometer 20rb sudah terasa, karena medan perjalanan saya bervariasi 80km pp tiap hari. Setelah ganti komstir enaknya awet banget dan oleng hilang, ..tapi setelah 4000km terasa perubahan komstir, jadi berat tapi tidak separah sebelum ganti (sepertinya hanya butuh stel saja), tidak oleng. Saya juga ganti oli shock di kilometer 15000km, motor kembali empuk seperti baru beli. Hanya itu saja, motor pun jadi normal kembali tanpa masalah, malah lebih enak, awet lebih lama.
Di rekomen buat motor ini, jangan pake ban besar dari standar 80/90-90/90, jadi buat masalah di CVT klo ngga di modif, standar saja...begitu juga roller, pake saja yang ori ahass dan memang masa pakainya sekitar 12000km sudah peyang.
Pagi kawan semua .motor saya mio smile 2009 Saya pasang ban yg sama Michelin pilot street .
BalasHapusSales pasang hampir 1 jam lebih karna ada bagian yg kurang pas / lis nya gak pas di velg
Terus akhir nya di pasang aja . Namun ban egol egol.
Rencana hari ini saya coba mau komplain
jangan jangan velgnya ada yang benjol, akibat pernah kena benturan..
HapusBarusan pasang 80/80-14 ban depan, blakang 80/90 michelin buat fino, sempet bingung kenpa depn dipsng A dan belkang V setelah googling memang risetnya michel begitu, langsung tes speed nikung mantab...ban lengket diaspal. risetnya keren.
BalasHapusGan ane baru ganti ban pilot street ukuran 110/70 untuk fornt (depan)
BalasHapusSaya pasang di belakang di balik rotasinya
Itu aman gak?
Kata sales planet ban sih gak papa, michelin bannya itu universal bisa untuk depan dan belakang tinggal menyesuaikan.
Mohon di jelaskan gan, terima kasih
Berarti klo untuk ban depan posisi kembang nya di balik ya gan.,.saya jg baru 1 bln ganti komstir di AHASS tp terkadang pas di bawa pelan motor limbung n stir terasa berat kaya ada yg ngendaliin alis susah di kendalikan.mhon pencerahan nya
BalasHapusSalam kenal, motor saya beat th 2013. Pada awalnya saya pakai pilot street bingung juga. Kok rotasinya beda sama ban2 yg lain. Trus saya tanya di planet ban tempat saya pasang ban. Katanya memang pola dibuat terbalik biar kalau nge rem mendadak ban belakang nggak selip, ditambah lagi bahannya memang beda dengan ban yg lain.
BalasHapusPernah aku coba boncengan dengan anak saya, ke daerah batu malang lewat daerah payung yg terkenal berliku2 dan menanjak. Ternyata enak juga akselerasinya nggak selip atau apapun. Kecepatan motor saya 50-60 Km/ jam
So, memang pola dan rotasi yg dibuat ada fungsinya dan nggak asal buat.
Salam kenal.
Gw jg keder...pk ban michelin...ko k blk rotasinya...d pake gibeg ban dpn k stang...stlh brosing2 dan blk lg k tkg banny...oh gt tuh alasannya....ok lah. Mantap
BalasHapusSaya tadi juga komplin ke planet ban dan bilang sama mekaniknya mas bro masang bannya kok terbalik, trus dia jelasin kalok michelin ban depan masangnya memang gitu trus dijelasin panjang lebar akhirnya aku paham, makasih penjelasannya
BalasHapusSama
BalasHapusSama michelin pilot motogp juga...untung sy googling dulu ga komplen ke Planet Ban... gampang sih intinya tinggal pasang arah panah nya untuk depan di sebelah kanan ban belakang di sebelah kiri...makasih atas info nya gan
BalasHapusUntung gogling dulu kalo balik ke ke planet ban tadi nyita waktu juga . trims masbro infonya
BalasHapusSaya juga pake tapi dan bertolak belakang dgn anjuran yg ada di ban. Saya mengikuti Pola kembang yg seperti pada umumnya. Tebukti kemaren Touring pd saat hujan gak oleng pada saat nikung Ada teman yg ngikutin pola yg disarankan pd ban.. Hasilnya Ban cepat Habis
BalasHapusMakasih infonya mas. Tadi baru aja beli ban Michelin. Tadi bingung banget. Kirain kebalik eh ternyata emang aturannya gitu hhe
BalasHapusMenurut saya sih yang paling bener adalah sesuai aturan dari pabrik michelinnya depan-A, belakang-V, krn mereka kan pasti sudah melalui riset dan percobaan oleh ahlinya. Tetapi kembali lg kepada kita tergantung gimana nyamannya.
BalasHapusKalau menurut aku kok front and rear menunjuk pada rotasi bannya ya,supaya arah roda tetap dari front ke rear,shg kalau punya saya,bentuk kembangan depan huruf A dan kembangan belakang huruf V,pas spt yg dipasang diroda moge
BalasHapusKalau dipasang misal ban depan dg front menunjuk arah depan,dan belakang dipasang dg tanda rear menunjuk ke arah depan,nanti kembangan jadi sama dong,ban depan dan belakangnya
BalasHapusBaru aja ganti ban tubeless Michelin City Grip.. trnyata memang bannya bisa dipasang bolak balik ya.. klo ban dipasang di belakang, tinggal sesuaikan arah panah yg Rear.. demikian juga sebaliknya buat ban depan tinggal ngepasin panah rotasi yg front..
BalasHapusTadinya sy kira juga kebalik.. makasih sudah kasih pencerahan om..
Motor ane Vario 125 Ban blkg Michelin pilot street 90/90-14 , ban depan masih standar bawaan motor FDR, karena udah gundul ban depan, ane ganti maxxis 80/90-14 alur kembangan, panah normal, yg jadi masalah skrg ko skrg jalannya motor jadi oleng2, apa masih baru blm adaptasi apatuh ban? Apa harus ganti ke Michelin jg? Ada solusinya boss???
BalasHapusYang benar ya mana
BalasHapusSoalnya gak ada tulisan rotasinya.
Wahaha gua baru aja ngalamin, dan akhirnya searching 🤣🤣🤣
BalasHapusEh alhamdulillah nemu ini
Kalo cerita gua, gua kan udah di kasih tau sama mekanik nya, katanya ini bukan kebalik ya mas, Rata-rata ban premium kaya gini berbalik arah
Gua mah orang nya ga nyeyel ya, jadi oke oke aja
Setelah pulang temen² pada ngomong (ban depan lo masang nya kebalik noh) gitu aja terus sampe semua orang di tanya
Dan lebih parah nya yg ditanya temen gua, pada jawab iya kebalik itu
Jadi setelah seminggu gua balik lagi ke planet ban, eh di jelasin dengan detail
Sama kaya jawaban lo bro
Sudah di trening dsb..
Jadi malu sendiri anjirrt 🤣🤣🤣
Agak tergelitik untuk memberi komen ttg arah rotasi, di ban MPS sudah diberikan arah rotasi petunjuk front/rear. Sepemahaman ane front itu arah rotasi ban saat melaju ke depan, rear arah rotasi ban saat mundur ke belakang.
BalasHapusPerihal rotasi front/rear juga terdapat di ban mobil, ente bs imajinasikan ban mobil ada 4 yang posisi velg ban berbeda antara kiri dan kanan. Sehingga arah rotasi dijadikan petunjuk dalam pemasangan ban.
IMHO terlepas dr penjelasan mekanik mengenai daya cengkram, perbedaan pemasangan antara ban depan/belakang, sudah ditraining bla bla bla.. atau apapun itu, saya lebih memilih pemasangan ban mengikuti arah rotasi yang sudah diciptakan oleh pabrik Michelin..
Kembali lagi itu menjadi pilihan anda masing2.
Aduh saya juga barusan balik lagi ke planet ban tadinya mau complaint pemasangan.ceritanya tadi pagi saya ganti ban michelin pilot street barusan iseng lihat alur terbalik.langsung balik lagi kevplanet eh dijaeabnya gitu yg depan buat membuyarkan air.masih ragu buka google nemu ini ternyata benar.jadi malu sendiri kaya ngga pwrcaya sama mekanik
BalasHapusAlhamdulillah..puas...baru saja pasang ban depan..di bilangin sama mekaniknya..arah putaran ban depan michelin emang begitu...trus kbtulan ada motor pake ban yang sama....plus artikrl ente...puas dah .penasaran ilang...hehehe..
BalasHapusAku beberapa hari yang lalu baru pasang ban Michellin seperti teman-teman diatas. Nah setelah pasang itu terasa oleng bagian belakang. Kebetulan aku pas ban belakang. Setelah 1 hari pemasangan aku kembali ke planet ban, kata mekaniknya emang michellin kaya gitu dan perlu penyesuaian karena masih baru. Dan terus saya disuruh kembali ke planet ban sekitar 1-2 minggu.Nah ada yang pernah ngalamin juga ? Boleh sharing solusinya gimana
BalasHapus