Ceritanya Test Ride (?) HONDA CBR150 R


Sabtu sore tadi sekitar jam 5 gue dapet tugas dadakan ngurir ke komplek itc fatmawati..biyuhhh... Wes daripada nge gerundel tugas gak kelar juga mending cepet2 jalan. Nah singkat kata ada temen yang baik hati namanya Juan mau minjemin motor...weheee..kesempatan nih nyobain CBR150 R

cibi si juan 
cibi si juan




























design tangki menjulang khas motor jaman sekarang

















Gak pake lama gue udah berdiri di samping si cibi...baca basmalah, langsung nyemplak di jok. Kesan pertama posisi duduk lebih tinggi dibandi krr gue. Posisi tangki menjulang terasa agak nyodok perut buncit gue...hmmmm...beda sama tangki krr yg masih menganut design lawas. Lanjut ke posisi pijakan kaki gak senekuk krr...lebih rileks.







Lanjooot perhatian mengarah ke setang...standar..layaknya motor sport tanah air..gak ada yg spesial di sini...tapi sepertinya shock depan udah diturunin nih...ok..no problemo. Berbekal pengalaman punya HONDA MEGA PRO selama 3 tahun gak terlalu bingung pas mau masukin kunci kontak ke lubangnya...sama persis cara kerjanya. Putar kunci ke arah ON...byarr..lampu AHO dan backlit speedometer langsung nyala...tarik tuas kopling pencet tombol stater...lampu depan ngedipnya cuma sedikit...beda jauh dengan generasi megy dan tigi yg kalau lampu depan posisi on kita pencet stater maka lampunya langsung redup parah. Untuk sorot lampu gue bilang terang dan merata, jauh lebih terang dibanding lampu tigy & megi standar, hehehe...ya jelas...karena beda tipe bohlam juga. Cuman kok ya gak ada tombol pass buat lampu jauh, dan switch lampu jauh-dekatnya itu lhooo...persis sama HONDA SUPRA Fit gue dulu.

Karena posisi pintu keluar parkir ada di sebelah kiri, gue mundur sambil puter setang ke kanan...disini setang udah berasa gak nyaman...karena shock depan dipendekin, posisi setang jadi mepet ke tangki...jari2 gue kejepit. Tarik tuas kopling, masukin gigi 1, imbangin dengan putaran gas...maknyuuuuss...kopling enteng banget bro....si cibi pun meluncur dengan mulus meninggalkan area parkir...masuk ke jalan gunawarman lalu lintas ramai lancar...coba ajak lari sampai gigi 4, sayang gak sempet perhatiin speedometer, gak liat speed berapa, di rpm berapa...cuma mengandalkan feeling kira2 di 70kpj mata fokus di jalan secara reflek belum nyatu sama motor kalau ada apa2 bisa berabe...hehehe... Sekilas gue merasakan karakter mesin hampir2 mirip SUZUKI SATRIA F150, mungkin karena sama2  150cc DOHC. Memasuki area belakang pln bulungan lalu lintas padat, segera gue melakukan tindakan turun gigi...hmmmm...jahanamm...kopling kaya ketan susu kemayoran...sepertinya semua perangkat kopling bekerja dengan sempurna...haluss..cuman terdengar suara clek-clek tanda gigi berpindah.

Dari perempatan pln bulungan sampai ke fatmawati lalu lintas agak tersendat, di sini setang berasa gak enak, tiap diajak zig-zag tangan mentok tangki..mungkin kalau shock depan gak diturunin lain ceritanya...ok lahhh...terima saja namanya juga boleh minjem..heheheh. Putaran bawah mesin terasa mantap...untuk ukuran berat badan gue yg konon katanya mencapai 93kg gak masalah buat cibi, main di gigi 2 masih ok. Masuk ke parkiran komplek itc fatmawati cari tempat kosong...pas udah dapet spot kosong, parkir dengan lurus-baik-dan benar reflek tangan cari tombol shut off engine (kebiasaan di krr) uppsss...ternyata gak ada soob...sejenak gue berpikir mungkin pake teknologi kaya HONDA VARIO turunin standart samping mesin kangsung mati..ternyata enggak juga..hohohoho...ok lah putar kontak ke posisi off.

Baiklah....kerja dulu







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arah rotasi ban michelin pilot street tidak mem-bingung-kan

Oli Gardan Vario 125 Rembes? Lubang "Cantik" ini penyebabnya

Ganti Kruk as / Crankshaft Vario 125