Farewell Ninja RR 150 a.k.a Kodok Ijo, tetaplah melompat!
Hae gaes....posting kali ini gue mau bahas tentang si kodok ijo aka Kawasaki Ninja RR 150. Sebenernya sih semenjak mas priyo hadir bulan Juli 2014 lalu di hari yg sama gue pun me-lego sang kodok. Ada pertimbangan yg memang mengharuskan untuk ber-alih tunggangan, dan keputusan untuk melepas si ganteng lansiran th 2010 itu udah gue pikirkan baik-baik selama 1th lebih.
Foto si kodok kumpul ama temen2 veteran :
B 6568 UPT. Selamat, buat anda pemilik berikutnya itu lah si kodok ijo! |
1. Kipas radiator punya CBR 150 lawas yang otomatis nyala kalau jarum radiator naik
2. Sepasang ban tubles michelin pilot street yang masih tebal
3. Reflektor lampu depan baru (ori boy)
4. Bohlam H4 Phillips Extreme Vision (dijamin lebih terang dari yg lain : standar loh ya)
5. Lampu speedometer LED putih bersih dan langsung nyala ketika kontak on (bandingin ama bawaan pabrik yang butek bin abal kedip2 ikut puteran gas)
6. Knalpot R9 ori beserta PJ MJ yg udah naik.
7. Fairing kanan apa kiri yaa yg baru gue lupa (bukan jatuh tapi ngegaruk poldur)
8. Jok yg dijamin aduhaiiii...busanya dah gue ganti yg empuk (beneran beli jok glondongan, bukan tambalan)
9. Behel belakang udah ganti yg punya SE (keren loh)
**klo gak ada ya dipretelin orang dealer mokas.
Sejak April 2013 gue udah merasa jalanan ibu kota semakin gak masuk akal, untuk ukuran jarak +/- 20km butuh waktu 45menit s/d 1jam sampai tempat kerja, belum lagi di bulan oktober 2013 gue musti pindah rumah yang jaraknya makin jauh di kisaran 30km...beuhhhhh. Seperti yang udah-udah sama biar keliatan bijak, gue pun gak langsung meng-iya-kan keinginan itu, yaaaa....kali aja badan lagi capek pikiran lagi sumpek. April 2014 setelah pindah ke rumah baru dan tentunya jarak semakin jauh, udah saatnya gue pikirkan ulang keinginan itu, dan pada akhirnya kesehatan yang harus diutamakan, gue pilih ganti tunggangan biasa aja tapi sehat daripada gagah tapi boyo bro! *umur emang gak boong....hahahahaha. Dengan tinggi 173cm tulang punggung gue ngeluh dan protes tiap hari.
Anyway...sempat punya ninja rr 150 jadi kenangan dan kebanggan tersendiri buat gue, termasuk kedewasaan berkendara salah satunya, naik motor yg bisa dibilang kenceng bin ganteng di kelasnya gue gak miskin perhatian, biasa aja bawanya. Yu no lah gaes...banyak orang yang ehem...miskin perhatian (aslinya gak pake fairing) pasang fairing dan bawa motornya itu looooh banting kanan kiri sambil kepalanya tolah-toleh macem kode ngajak balapan, so what? emang 150cc mu klo di pasangin fairing jadi bisa lari 250kpj? come on broooo...yang udah bawaannya pakai fairing aja gak gitu2 amat.
Punya Ninja RR 150 berarti ente ngerasain handling tingkat dewa serta rem level surga satu hal jgn dilupain...rewel level neraka. *kelas 150cc versi gue
Sejauh pengalaman gue jaman performa si kodok lagi bagus pernah dapet top speed 170kpj on speedo meter. Tingkat kestabilan rangka gak perlu ditanyakan, tarikan masa iya gue jelasin? Klo bukan pake RR nyelip bus/truk nanggung bisa jadi petaka...pake doi ente tengkep kopling puntir gas, turunin gigi 1 step...lepassss....dan...wuzzzz...paling yg di selip nglakson (jangan ditiru). Untuk urusan body termasuk bracket dan fairing juara!! sampai hari di jual gak satupun ada bunyi krek-krok di seluruh bagian body. Intinya worth to buy! #eh gak tau kalau sekarang, jaman gue beli sih masih 32,2jt...denger2 sekarang harganya nyentuh angka 36jt.
Nilai jual kodok ijo bisa gue bilang bagus, dapet vario 125 usia 17bulan, plus kembalian uang cash 9jt.
Buat yang lagi googling terus nyangkut dimari nih...gue kasih referensi rewel tingkat nerakanya ninja rr 150 versi gue :
1. Superkips (PR banget boy)
2. Radiator gak ada kipas (PR banget coy)
3. Awal-awal pemakaian susah idupin walau udah tarik choke (gobyos ngengkol men, apalagi posisi udah pake jaket rapi :D )
4. 3x ngalamin O-ring jebol air radiator masuk mesin (?)
5. Gas kadang nyangkut (hmmm....gak semua ngalamin dan persoalin)
Kelemahan lain yang bukan major dan mungkin berhubungan dengan modifikasi versi gue :
1. Sinar lampu yang mengikuti putaran gas. Adalah sebuah omong kosong kawasaki yang jelas banget, ngasih bohlam H4 tapi kelistrikan sama kaya supra fit.
2. Kelistrikan yang agak susah dirubah kalau mau pasang sesuatu semisal projie set.
3. Shockbreaker depan yang aduhai kerasnya
Itu kira2 suka duka sedih bahagia menjalin hubungan dengan si kodok ijo, tar klo ada yang keinget gue tambahin. Next gue bakal post gallery photo2nya.
Awas lompat!
bos itu cara pasang kipas radiator d rr nyala otomatis gmn ya
BalasHapusJaman itu pake kipas radiator copotan cbr thailand, kabel positif tusuk ke kontak, kabel negatif ke socket temperatur speedometer yg kecil di ujung kiri apa kanan radiator (lupa) jadi cara kerjanya nanti seiring temperatur naik, kipas nyala. Kalau arah kipas kebalik tinggal di balik aja kabelnya. Terus jangan berharap secerdas bawaan pabrik ya, kadang timing nya suka gak tepat, motor baru di nyalain semenit dah nyala 😂😂😂. Tapi yg jelas radiator adem.
Hapus