(Beneran) Test Ride Honda CB150R



Afa kabar semuaaaaahhhh? Gimana resolusi akir taun dan target taun depannya? Semoga mendapat hasil yang terbaik...aaaaamiiiiin!

Gak ada rencana apa2 eh ternyata artikel ini punya sekuel macem pelm twilight...hahahaha. Ok...jadi dari kemarin malem plus hari ini gue nyari sesuap nasi ditemenin sama honda cb150r. Ada temen yang minta tuker pakai motor, karena dia abis minor modif tunggangannya, mungkin doi butuh pendapat dari orang lain yang gak setiap hari nyemplak si cb.

Bagian yang di modif : 

1. Stang ganti punya honda tiger revo
2. Velg custom merk champ
3. Tromol vnd
4. Jari2 tdr chrome

Diluar frame slider dan pernik yg lain. 

OK. Kita mulai

Sebelum belibet ngomongin ina inu gue cuman mau bilang ente rugi klo punya kesempatan dan kemampuan beli motor ini tapi gak beli. 

Kalau di artikel yg lawas cuman selewat, kali ini agak detil ngerasainnya karena buat riding +/- 33km. 

Kesan pertama nyemplak langsung berasa kaku...entahlah tapi ketika paha mengapit tank terasa kaku apalagi kalau liat ke arah shroud ini lebih ke masalah kebiasaan saja sepertinya, karena hari2 pake vario. Kaki menapak sangat  sempurna untuk ukuran tinggi badan 173cm. Pantat terasa pas di jok, kondisi jok standar gak di papas gak ganti kulit. 

Putar kunci ke arah on, tunggu lampu injeksi mati, stater...hmmm lagi2 berasa satria f 150. Eeeeeetapi tunggu dulu...Beda sama cbr150 yg dulu sempet gue coba, rasa satria f nya hilang pas udah jalan. Ini berasa satria f dengan tenaga sedikit lebih besar. Beberapa km pertama gue sempet canggung karena setiap oper gigi terasa hentakannya terutama 0-1-2, beberapa kali sinkronin gerakan antara puntiran gas-tarikan kopling sampai akirnya ketemu juga iramanya. 

Riding position yahud! Di awal2 riding area pangkal paha sedikit terasa keras, tapi akan hilang kalau udah jalan sekitar 2-3km. Posisi kaki, pinggang dan punggung serta biji salak ok! Untuk jarak 30an km sampe rumah gak berasa capek, kaki juga leluasa meraih tuas rem dan perseneleng. Posisi stang gak bisa kasih penilaian, udah ganti stang sih, gak pegel lah pokoknya. 

Mesin....hmmmm...kok gue ngerasanya meraung ya? Iya kaya hi-rpm terus gitu, pas di lamer gue liat sih langsamnya di 1500rpm. Entah seperti ada yg salah sama cb yg ini, mesin kaya gak adem gitu...hmmmm. Sampai di rumah tanya ama yg punya kapan terakir kali service dijawab baru 2minggu lalu service ganti oli...gue tanya pakai oli apa? Disebutkan merk x. Hmmmm gue bilang coba pakai  motul 5100, sayang euy motor ginian pakai oli #biyasa. 

Siangnya lanjoooot lagiii...Di saat orang2 ribut karena muter lebih jauh gegara penutupan jalur silang monas-thamrin, gue malah seneng karena bisa lebih jauh bareng cb.

Eh kita poto2 dulu yaaaa..ini gue ambil pas ngadem di pintu air bawah flyover menteng arah kuningan. 






Dan bener saja...ketika badan lebih fresh riding jauh lebih asik! Kesan kaku semalam hilang, ternyata lincah juga buat membelah kemacetan. Modifikasi velg dan seperangkat bundarannya gak ada masalah, gak ada kesan limbung atau ngeloyor, pengereman juga masih ok. Urusan stock breaker mah gak usah ditanya, dari jaman gl pro Honda selalu konsisten.

Mlipir dikit dari bahasan

Biarpun ukuran pipa shock breaker depan kecil tapi selalu mumpuni...gak usah jauh2 ke cb, bandingin aja tuh shock nya vixion ama gl pro, kesampingkan urusan yg lain..ente pasti senyum2 sendiri. 

Sampai di depan bpk (badan pemeriksa keuangan) jalanan pas kosong *yagakmelompongjugakaleee memang area ini cenderung sepi dan lancar, waktunya quick and short accelerations test (?) shift down ke gigi 1 liat kanan-kiri-depan-belakang aaaannnddd gooooo! 73kpj di gigi 3 @ 11.000rpm alias udah jerit, 111kpj di gigi 5 @ mbuh rpm (ragu klo gak 9rb ya 10rb), mata liat depan udah abis trek nya...hehehe keburu deket tanjakan TVRI, pentokin gigi 6, sein kiri, kurangin ampe ke 3, nanjak...ya...cukup gigi 3 kuat kok untuk berat badan 98kg.

Sorry bbm gak ngukur, cuman klo gak salah liat sih ilang 2 setrip buat pp. 

Sekian. Dan Selamat buat kawan gue, modifnya gak gagal bro! 

Ngomong2 kalau gue pribadi ditanya Q : level manakah ketertarikan dengan motor ini? A : level mau beli klo punya kesempatan dan kemampuan. 150cc dohc injeksi buat gue nilai 8/10 untuk riding harian jarak menengah Jakarta. Entahlah dengan singgle 250cc dohc injeksi...belum ngerasain juga. 


Salam street fire!

:D

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arah rotasi ban michelin pilot street tidak mem-bingung-kan

Oli Gardan Vario 125 Rembes? Lubang "Cantik" ini penyebabnya

Ganti Kruk as / Crankshaft Vario 125