Oli Gardan Vario 125 Rembes? Lubang "Cantik" ini penyebabnya
Kali ini gue mau mewartakan tentang kejanggalan pada box gardan mas priyo. Silahkan disimak dongeng ane berikut.....
Beberapa hari lalu sepulang kerja gue naik motor beriringan dengan kawan, seperti biasa kita sesama bikers saling mengingatkan kalau ada hal yg kurang beres sama motor di sekitar kita contoh : "mas bannya kempes". Tapi kali ini suara dari temen bilang "woy oli gardan lu rembes tuh!". Jujur aja sepanjang gue bisa mengingat, memang di area tuas rem dan mangkok tromol rem belakang mas priyo selama ini seperti ada cairan rembes, lebih kelihatan lagi kalau lagi kotor belum sempet di cuci. Dan yg paling blo'on nya lagi gue sepele in aja...anggepan gue itu air buangan dari tromol akibat melibas genangan atau air cuci steam.
ini area banjir lokal yg gue maksud :
Selang 2 hari gue siapin peralatan termasuk beli oli gardan dan siap2 bongkar, bukan gue sih yg bongkar...singkat kata ada sodara gue seorang mekanik gue pasrahin buat bongkar. Jam bongkarnya pun mepet maghrib, nunggu dia pulang dari bengkel. Tapi maaf berhubung gue nih amatir, faktor penerangan lampu garasi yg terbatas, plus capek pulang kerja, jadi gambar tidak seperti yg diharapkan. Yang penting bisa mewakili apa yg gue maksud.
Proses bongkar :
Dari sini rembes berasal :
Lubang yang rapi |
Ada yg bisa jelasin fungsi dari lubang ini? |
Dari lubang rapi itu lah rembesan oli berasal, terlalu rapi kalau untuk pecah atau somplak. kalau di senter tembus sampai ke gear rasio yg ada di dalam gear box gardan, tapi karena ada seal yg nutupin jadi rembesnya alus banget. Ok yasudah gue simpen pertanyaan itu baik2. Yang penting sekarang lobangnya di tutup dulu, gue tambal pake lem dexton.
Hari2 berikutnya gue cari tau jawabannya...dan asal ente tau, gue orang yg bisa melakukan hal tercela buat memuaskan rasa penasaran gue, pas lagi di jalan gue liat ada vario 125 lansiran tahun 2012, langsung samperin, minta ijin baik2 mengutarakan niat, dan langsung ngelongok ke kolong...hasilnya? lebih mblegedes dari punya gue...rembesnya ampe ngewer2...dan yg punya juga cuman bisa geleng kepala gak ngerti. Ketemu hari minggu gue main ke rumah nyokap buat ngelongok kolong vario adek gue yg keluaran tahun 2014...hasilnya....
"kering kerontang dan gak ada lubang rapi itu"
Vario 125 tahun 2014 |
Saking isengnya gue pelototin inch per inch cari tau penyebabnya...dan gue dapet ini :
Sebelah kiri adalah vario tahun 2012, dan sebelah kanan vario tahun 2014. Entah apa maksud dari lubang tersebut, lubang pembuangan oli? oli kurang aja ditambahin...masa ini malah bikin lobang buangan...gak masuk logika. Satu hal lagi, di vario 2014 area antara box gardan dan velg
"tempat nempelnya tuas rem"
terlihat lebih sempit....ya buat gue sih gitu...
"Bener gak sih?"
Sampe tulisan ini gue posting pun gue belum dapet jawaban pasti apa fungsi dari lubang itu.
Vario 125 kalian udah di cek?
O___o"
Fungsinya mencegah oli masuk ke area tromol ketika seal/oring yg berada digardan rusak/bocor,maka dibuatkanlah lubang pembuangan.
BalasHapusThanks atas infonya. Sangat mencerahkan. Tapi masih menyisakan pertanyaan buat gue. berarti logikanya selama ini seal/oring gue rusak makanya oli ngalir keluar lewat lubang pembuangan, kalau bocor dan lubang pembuangan nya di tutup harusnya bak tromol rem belakang gue udah banjir oli, tapi minggu lalu pas ganti ban kering loh.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusVario 2012 saya juga rembes bro. apakah ada shield yg harus diganti, jadi solusinya gimana bro
BalasHapusGue juga masih belum paham bro, diatas sudah ada masukan dari agan k-frim...dan masukan nya senada dengan mekanik AHASS, tapi ya itu diatas juga udah gue sampaikan apa yg jadi concern. Kalau memang ada shield yg bocor dan lubang pembuangan gue tutup, seharusnya bak tromol udah penuh oli, tapi sampai 2x ganti kampas belakang, bak tromol gue kering
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapuspunya sy jg sm bang kasusnya, tp tk bongkar semua sndri & emang masuk logika kok, lubangx ada di sbelah kanan seal jd klo seal bocor oli lngsung masuk ke lubang ga smpe masuk ke kampas rem, jd safety.nya di situ... klo smpe masuk ke kampas rem jd los\blong & lbh mmbhayakan, cm pengamatan ay pribadi bang
Hapusjadi rembesan oli ini bisa dibilang wajar ya
BalasHapusEnggak wajar bro, seperti yg udah gue sebut juga diatas "oli kurang aja ditambahin" masa ini malah sengaja dibuang. Coba ente ke AHASS minta saran kepala mekanik nya. Klo gue sementara sih tambal pake lem dexton sampe nanti ada solusi yg masuk akal.
HapusItu didalam Gearbox dibingkar.ada siel yg sdh aus....pengalam sendiri....
Hapusitu lubang pernafasan rem tromol .kalau soal bocor coba cek di bagian gear box ada yg bocor atau bikin oli keluar lubang itu fungsinya ada sesuatu di dalam itu akan di keluarkan
BalasHapusBarusan kejadian sama ama motor vario 125 2013 ane.. diganti seal as roda plus tambah oli gearnya
BalasHapushasil y gmna bro masih rembes ga?
HapusSama bos motor vario ane juga rembes udah sebulan gw cuekin bisa ngerusak ke yg lain ga
BalasHapusSama bos motor vario ane juga rembes udah sebulan gw cuekin bisa ngerusak ke yg lain ga
BalasHapusGua di AHASS Gancit
BalasHapusmalah suruh Ganti GearBox setNya
dibengkel pertama, seal gak masalah
pas ke AHASS Seal Harus Ganti
Laher Harus Ganti...
Ass dah kena katanya makanya rembes...
gua kagak Ngarti dah yg mana yg bner...
mana Mahal Banget lagi, kudu 1set katanya, Klo gak nanti Bunyi2...
waduh Paling Benci dri Dulu masalah Oli Bocor....
Gambar yamg bawah sendiri yang dikasih tanda bulat merah itu yang bocor ya mas?
BalasHapusmas saya juga mengalami seperti itu di vario 150. curiga 1 ada kotoran pada crancvt sehingga paking agak kurang bagus sudah di lem pakai tribon tetapi tetap bocor. dan di cek kembali ternyata rembes dari lubang di atas tuas rem belakang. setelah di cek ternyata ada kebocoran sil nomer 91204 k59 a11. ukuran 34x52x7. di akalinya oleh mekanik ahas. per untuk sil di potong.
BalasHapusTrus sukses mas gak rembes lagi?
HapusAne juga gitu,Vario 150 ane jg rembes oli di rem belakang,tapi ane cuekin ,EMG harus di perbaiki ya,solusi ya
BalasHapussekedar share aja pengalaman
BalasHapuskalo sealnya bocor juga g bkal smpe menuhin bak tromol, oli gardan kan sedikit.
ya itu intinya lubang itu buat ngeluarin oli klo trjadi bocor seal, hrus ganti seal.
diteliti baik2, saat pemasangan seal baru , seal tdk boleh terllalu dekat dgn klaher asnya. krena "lubang cantik" pada hakikatnya berada di tengah2 antara seal dan klaher, sesuai fungsinya utk buang oli jika trjadi bocor seal.
dicek juga apa klaher msh bagus atau tidak , krna mmpengaruhi umur seal kalo klahernya udh goyang.
terimakasih
Shahih :)
BalasHapuskulo njeh ngalami ngoten niku ndan. ypi alhmdulillah sdh teratasi. saya bwa kebengkel bongkar bgian cvt n rem belakang. ganti kedua sil kanan kiri. dan alhamdulillah sampun dados dan mntn enten masalah. motor kulo beat ndan.
BalasHapusMaaf agan2, ane ikut sumbang komen ya smoga bermanfaat...
BalasHapusLubang itu adalah indikator/ penanda kalo seal as roda belakang rusak ato bocor,..
Akibat kbocoran ini bila di biarkan oli kardan bs kering sehingga gear2 dalam girboks akan rusak. Akibat lainnya yg sangat berbahaya yaitu oli akan mrembes ke bagian rem belakang, shingga mbuat rem belakang jadi blong (hilang daya remnya)...
Lubang indikator seperti ini bs jg ditemukan pada pompa air radiator mobil/ motor, bila air sudah mrenbes bearti pompa (akan) rusak, jd kita bs Bersiap2 tuk antisipasi akibatnya.
Wsalam- gbu always
itu berarti untuk perbaikan sluruh bagian cvt hrus dbongkar ya mas?
Hapusitu berarti untuk perbaikan sluruh bagian cvt hrus dbongkar ya mas?
Hapusitu berarti untuk perbaikan sluruh bagian cvt hrus dbongkar ya mas?
HapusDiganti seal as nya aja mas langsung beres, dan yg penting jangan sampe kebalik masang seal nya
HapusUdh ganti shield tp ttp bocor kenapa ya.
BalasHapusApakah seluruh vario 150 begitu?... Punya saya juga seperti itu. Tahun 2015.
BalasHapusSaya juga bagian oil gardan bocor vario esp 2016.
BalasHapusKatanya harus dibongkar semua itu gear boxnya. Ga tau dah bakal ngabisin biaya berapa
Menariikk.... saya barusan bongkar juga Kasus sama oli mengalir lewat lubang tersebut. Padahal beberapa bulan yang lalu baru ganti seal dan masih Bocor. Dan Hasilnya Misteri Terjawab masbro.
BalasHapusMontir tempat saya ganti. Beliau masang Seal Nya TERBALIK. Hahahahahaa..
Muka Seal yang memiliki nomor Harunya menghadap ke Laher As beelakang. Punya saya menghadap ke Gearbox.
Selama ini Rembes tersebut karena memasang seal nya terbalik sodara sodara
BalasHapushttps://youtu.be/3l5jx8V9VQY
Motor sy vario 125 2017 permaslahan jg sama oli gardan rembes bahkan sampe netes smp sekarang belum servis ke bengkel hanya sy tambahin olinya sj
BalasHapusKasusnya jga sama dengan sya .. padal udah di gantii tapi masih sja tetep bocor
BalasHapusFungsinya sebagai lubang buang oli yg rembes akibat sealed sudah rusak, lubang tsbt bertujuan agar oli merembes keluar dan tidak masuk ke bagian rem tromol (berakibat fatal bila lubang di tutup atau di tambal, oli akan masuk sampai mengenai kampas rem belakang dan berakibat rem blong)
BalasHapusAda yg bilang mekanik lain bahwa itu over flow saja kalau rembesnya ga keterusan.
HapusSalam buat semuanya.
BalasHapuskenapa ya kasusnya yg sama saya alami vario 125 th 2013.
Sudah 2x ganti oli gardan setelahnya selalu rembes padahal baut pembuangan dan pengisian kencang semua.
Tolong solusinya gan....
Yang sekarang gue rasain... Dan ganti sil as roda semua beres.
BalasHapusItu sebenarnya lubang untuk sirkulasi hawa/buangan uap panas.