Ganti stang seher vario 125









Apa kabar Gaes? Gimana pencapaian taun 2015? Udah siap menghajar taun 2016?!! Hehehehe





Kebetulan dapet cuti bersama akhir taun, di sela letupan suara kembang api dan keramaian menyambut taun baru 2016 gue manfaatkan buat post 1-2 artikel. 





Post yg ini sebenernya udah kelewat 3 bulan-an, tanggal pastinya 4 Oktober 2015. Termasuk salah satu hari bersejarah buat mas priyo…..yes….







Mas priyo ganti stang seher *jeng jeng….musik serem












ah gak tau lah gimana penulisan yg bener….setang seher/stang seher/stang seker…kah…. whatev….di bon sih namanya batang piston. Kalau mau di runut…entah berhubungan atau enggak…entah kebetulan aja, penyebabnya gue terlalu pede gara2 pake oli Motul Matic (klik)







"Inget ya…gue gak pernah nulis stang seher gue rusak gara2 pake oli Motul Matic!!"










Kenapa begitu…menurut mekanik kepercayaan gue, di sela opname mas priyo, salah satu penyebab stang seher rusak adalah oli mesin yang enggak naik, atau volumenya yang jauh berkurang. Kalau mau di urutkan ke PeDe an gue = 27 Juli 2015 Ganti oli motul matic ---> sekitar tanggal 27 September 2015 mesin bunyi klatak2 ---> 3 Oktober 2015 beli sparepart --> 4 Oktober 2015 mas priyo naik meja operasi. Nah ke PeDe an gue enggak ganti oli selama periode 27 juli s/d 25 september 2015 itu yang harus gue bayar mahal….songong mentang2 pake oli mahal 2 bulan enggak ganti dan enggak nge cek volume. 







"Sekali lagi gue ingetin buat yg fanatik ama oli motul matic, stang seher gue bukan rusak gara2 pake oli Motul Matic, tapi gara2 ke PeDean gue."








Jelas ya.








Ok Lanjut…





Sekitar tgl 27 September ( seminggu ) sebelum gue sempet bawa mas priyo ke bengkel, ada suara klatak2 di area belakang bawah…makin di gas makin kenceng, awal2 gue pikir penyebabnya oli gardan yg udah jelek…makanya gue sempet post September Random (klik) yang sebenernya gue lakuin sekitar tanggal 30 September 2015…jadi pas post tanggal 7 Oktober 2015 itu sebenernya mas priyo udah turun dari meja operasi.





Gimana sih suara stang seher vario 125 yang rusak? ini hasil rekaman suaranya : 









Pas udah fix, mas bengkel ngasih daftar belanjaan ke gue apa2 aja yang harus gue beli…dia tau gue orangnya pengen tau - an banget…makanya suruh belanja part sendiri ke bonjer.








Kalau kelian ngalamin hal yang sama, kira2 ini dia list belanja part nya (gue tulis sesuai deskripsi di bon) : 





1. Paking head ------------------ Rp.  15.000


2. Paking Mission case ------- Rp.  10.000


3. Paking blok ------------------- Rp.     5.000


4. Batang piston kit ------------ Rp. 135.625


5. Oli SPX2 10W30 0.8L ---- Rp.    43.225


6. Gasket cylinder head ----- Rp.    25.000


7. Seal klep ---------------------- Rp.   10.000


8. Bearing 6207 ---------------- Rp.    90.000


9. Packing CVT ---------------- Rp.    30.000


================================ + 


TOTAL ---------------------------- Rp. 363.850.





Ini bukti otentiknya : 

























Kenapa bon nya beda2? karena beda2 toko cuy….part nya gak tersedia di satu tempat. Pengerjaan makan waktu 1 hari…yg artinya gue terpaksa nge - baswe hari itu. 





Ini suara setelah stang seher diganti : 












Selesai sampai di situ? Beloman gaes…hari ke 2 pas gue mau ambil motor mekanik tercinta sms karet cvt alias van belt udah warning tapi masih bisa dipakai…keterangan macam apa ini… :D :D :D ok lah gue ngerti maksudnya…daripada 3 bulan bongkar box cvt lagi, yaudah sekalian gue beli van belt…ancur2 dah dompet gue selama 2 hari itu :((((







Nih daftar belanja ganti karet CVT alias van belt : 





1. Piece Slide 3pcs @Rp. 8.000 ---- Rp.   24.000


2. Belt CVT ------------------------------- Rp. 121.625


===================================== +


Total ---------------------------------------- Rp.  145.625













Ongkos bongkar = Rp. 320.000





Total pengeluaran hari itu : 363.858 + 145.625 + 320.000 = Rp. 829.483. Amsyong!





Oh iya jangan lupa air radiator…karena udah pasti di kuras, klo gue kebetulan dapet gratis dari bengkel saking yg punya bengkel udah kasian liat muka gue yg udah kaya abis kecopetan. 





Ini suara motor setelah ganti stang seher + karet cvt : 








Alus macem aer terjun :D :D




Gitu deh…





*daftar belanjaan gak sepenuhnya bener, minimal bisa jadi patokan.










"Let's Pop The Wheels!"
















LANJUTAN


Komentar

  1. Mantabsss. Infonya... Thank... Brooo...

    BalasHapus
  2. Sebelum pake motul, pake oli apa? Seharusnya oli motul msh bisalah tahan 2bln, btw selama 2 bln udah berapa km?
    Menurut analisa ane, mungkin oli sebelum oli motul yg menjadi penyebab. Oli sebelumnya pasti oli ahm kan? Oli ahm ini dipake berapa lama? berapa km?
    Klo oli tdk naik berarti aliran oli ada yg tersumbat. Klo volume oli berkurang, waktu di tap, tinggal sisa berapa ml?

    BalasHapus
  3. Ke Bengkel mana nih, ,Mas Bro,,,? Sama Nih Kejadiannya,, kira2 ongkos service nya brp Mas Broo..?

    BalasHapus
  4. oli beat ane pake shell schooter ax7 , inshaallah amanah

    BalasHapus
  5. Coba pake oli PFT hijau bro, di jamin ngeloyor plus mesin halus. Dengan catatan harus menjaga sopan santun tangan. :D

    BalasHapus
  6. Bneran broo kgak ganti oli 2blan smpe3 bluan gara2 pngen nekan pngeluaran..jdinya mlah sbaliknya dompet terkuras abis2san,,udah anak bini turun msin smua giliran mtor gue turun msin ganti stang sher..mna tgl tua..gara2 gak ganti oli.

    BalasHapus
  7. wuuuaaaa..haaaa.. (mewek) sekarang giliran gue masuk bengkel... maksudnya mas karyo harus ganti stang piston kuga...

    BalasHapus
  8. wuuuaaaa..haaaa.. (mewek) sekarang giliran gue masuk bengkel... maksudnya mas karyo harus ganti stang piston kuga...

    BalasHapus
  9. Pengalaman yg sama,maksud hati mo nekan pengeluaran malah pengeluaran jd banyak.motor ku vario 125 bunyi kasar mesinnya.hbs luar kota.besoknya tak bw ke Ahass katanya kena stang sehernya biaya estimasi 1jt300 langsung pusing kepala...buat pengalaman mending ganti oli per 2 rb km...biar aman dan hemat..

    BalasHapus
  10. Trims infonya. Motor Vario ku juga menglami spt itu. Lbh baik ganti oli routine ya.

    BalasHapus
  11. Iya bro, saya wlopun pake oli mahal/murah,oli yg katanya bisa ampe 5000km.. Saya tetep ganti oli per2000km.. Sayang mesinnya soalnya.hehe

    BalasHapus
  12. Motor gue ngletek kata bengkel stang piston y...Dia saranin ganti 1 set sama kruk nya...tapi gue pikir mahal bgt..jadi ganti stang piston aja..eeeh...dpt 4 bln..ngletek lagi....jadi biaya 2 kali...apa karena gue ganti pake sh**l yaa...biasa y pake MPX 2..

    BalasHapus
  13. Kalo biaya ongkos pasang stang sehernya brapa yah bang

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arah rotasi ban michelin pilot street tidak mem-bingung-kan

Oli Gardan Vario 125 Rembes? Lubang "Cantik" ini penyebabnya

Ganti Kruk as / Crankshaft Vario 125