Pasang ban FDR Genzi Pro di Vario 125

Yo wazzup guys...pada kemenong nih liburannya? Gue di depan tipi aja sambil sesekali ke warung beli rokok ama camilan...lagi ngirit mode on. 

Well...sejak terakir kali ganti ban di bulan juni 2014 depan belakang (klik) dan bulan februari 2015 ganti ban belakang (klik) hari minggu kemarin tanggal 27 Desember 2015 saatnya mas priyo ganti ban, ban depan udah banyak yg bodol macem ban nya pembalap moto gp yg abis race, ban belakang bentuk nya udah gak rata tapi kira2 masih kuat buat 3 bulan…yaudahlah sekalian aja ganti biar josss!

Untuk urusan performa Michelin Pilot Street (MPS) untuk riding harian gak perlu dipertanyakan. Hanya saja klo jalur yg sering kita lewatin kebanyakan cor-coran ya wasalam...bakalan banyak prenjul dan sobek2 di permukaan ban walaupun rutin cek tekanan angin. Karena setau gue MPS tergolong campuran soft dan medium compound...eerrrrr lupa gue...yg soft di tengah apa di sisi yg buat cornering. 

Kali ini karena didorong rasa ingin tau, gue nyoba pakai 1 set ban "FDR Genzi Pro" *bilang aja lagi ngirit* ya! Emang gue lagi ngirit. Gak lah...gue pengen ngrasain FDR, beda harga 1 set dengan MPS cuman 70rb.

Eiiiiitssss...gue gak bilang fdr ban murah ya...



Depan 90/80, belakang 100/80. Gue tebus dengan harga Rp.430.000. Belinya di "Million Tyre" bekasi. Random abissss..biasa juga ke Planet Ban klo gak ke bonjer. Kebetulan hari itu lagi main2 ke rumah sodara. Gimana review abal2 nya? 

Cekiprot Vrooooh : 

Sebelum mata kelian pada perih, gue kasih warning dulu, jangan perhatiin kotoran2 yg nempel, maklum musim ujan. Eh satu lagi boncel2 di velg mungkin bisa membuat mata kalian katarak.

                             

Kinetic Design Technology

FDR Genzi Pro (FDR GP) ini mengusung teknologi "kinetic design technology" yg klo gue cari di google belum nemu...entahlah mungkin mata gue lelah.

Fitur penanda tingkat ke-aus-an ban
Fitur yang sedikit mencuri perhatian, kalau pabrikan lain cuman ngasih garis di sela pattern sebagai penanda, FDR GP disajikan lengkap beserta tulisan.


Ban belakang pakai ukuran 100/80



Ban belakang diproduksi minggu ke 42 tahun 2015

Penunjuk arah aotasi ban belakang

Oh iya kali ini gak perlu bingung dengan masalah rotasi, petunjuk pemasangannya jelas, dan menganut 1 arah. 


Pattern ban depan


Ban depan pakai ukuran 90/80



Ban depan diproduksi minggu ke 32 tahun 2015



Penunjuk arah rotasi ban depan



Gambar yg menurut gue gak penting tapi gak tau kenapa gue post

"Nylon" yg artinya (klo gue gak salah) konstruksi tengah ban ini di topang oleh nylon, bukan kawat. 

Gimana performanya dibandingkan dengan MPS? 


  • Bentuk pattern…sebagai orang Indonesia asli, gue gak boleh menghilangkan kodrat….penampilan adalah segalanya..ya gak? hahahah…kalau menurut gue yg dasarnya penganut aliran simpel, pattern FDR GP enggak banget…rame cuy.

  • Handling tetep lebih enak MPS, jaman MPS nya masih baru 1 tahun yang lalu ya, bukan dengan kondisi sekarang. FDR Genzi pro terasa lebih berat, mungkin karena pengaruh penampang ban yg lebih lebar, jadi bagian yg nempel ke aspal lebih luas. Dengan ukuran yg sama depan belakang, bisa dibandingkan dengan gambar MPS di posting terdahulu (klik) FDR GP lebih lebar. 

  • Kenyamanan lebih nyaman MPS, FDR GP terasa lebih keras, dengan tekanan udara yg sama, 32psi belakang dan 29psi depan. Pantat yg udah 11 taun nempel di jok gak bohong.

  • Cornering *tsssssssssaaah* walaupun MPS udah dilengkapi dengan teknologi gel-gel apaaaaaaaaaaaa gitu gue lupa..tapi lebih enak FDR GP, bukan karena penampang nya yg lebih lebar, tapi bisa dilihat data otentik nya di sini : http://fdrtire.com/product/view/23             Di awal pemakaian gue pikir karena penampang yg lebih lebar...dengan feel cornering sebelumnya FDR GP seolah berkata "ayo masih ada sisa lagi" 


Nih screenshot web nya : 




Admin web nya lupa ganti gambar pattern dengan yg baru, di gambar ini pattern genzi pro lama hihihihi...



Ternyata FDR Genzi Pro memang di design lebih baik untuk urusan cornering. Terakir gue mau post jumlah km saat pemasangan ban adalah 35,423.2Km. 


Buat data aja kira2 sampai berapa ribu km ban FDR Genzi Pro nyaman buat dipakai. 



Sekian. 

*BTW gue belum ngeh FDR GP termasuk soft compound atau medium atau campuran.
**seperti biasa jangan terlalu serius menanggapi analisa abal2 gue. 

"Update 28 Januari 2016. Dipakai saat hujan lebat dari bekasi ke Jakarta grip diluar ekspektasi. Grip terasa mantap dipakai di kecepatan 60kpj boncengan, klo sendirian mungkin bisa di angka 70kpj tapi ingat gue gak merekomendasikan kegiatan ini"


"LET'S POP THE WHEELS"


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arah rotasi ban michelin pilot street tidak mem-bingung-kan

Oli Gardan Vario 125 Rembes? Lubang "Cantik" ini penyebabnya

Ganti Kruk as / Crankshaft Vario 125