200.5 km (bukan /jam) :D



9369.0 - 9168.5 = 200.5 (km) yak... itulah total kilometer yang didapat sampai indikator bensin berkedip. Oh iya kepake dikit sekitar 500ml (mungkin gak sampe) di ahass pas service, inget banget mekanik nya sempet minta ijin ambil bensin buat bersihin area cvt.

Selama nge tes gak pernah ada peraturan, gak pernah milih2 jalan/rute, akselerasi disesuaikan dgn keadaan sekitar, stop and go tiap 200meter dll... Pokoknya murni tes riding sehari2 melewati rimba jalan raya ibu kota Jakarta. Menurut #reviewAbal gue sih kesimpulannya :  

Boros 

Kalau mau iseng ngitung degn cara  dibagi per liter maka hasilnya  :

200.5 / 5.5 = 36.4 
Alias 
1:36.4 (1 liter untuk 36.4km)

Mustinya 
1:50 (1 liter untuk 50km)
adalah nilai mutlak yang harus dicapai menilik tagline dari motor ini. 

Kalau bensin yang kepake di ahass kita anggep masuk itungan : 

200.5 / 5 = 40.1
1:40.1 (1 liter untuk 40.1km)

Bisa dibilang penambahan teknologi injeksi yang seharusnya jadi solusi masalah irit bbm terkurangi karena naiknya kubikasi. Bicara masalah irit ujungnya pasti duit,
kalau vario injeksi diminumim premium dalam jangka waktu lama gimana? Ya...mari kita renungkan aja masing2....hehehehe. Buat gue pabrikan yg bilang motor injeksinya aman diisi premium sama aja bilang merokok aman buat kesehatan. Alias nabung buat beli sparepart.

#inipenting 

Jadi kesimpulannya klo mau beneran irit ya pake motor bebek rentang 100-110cc injeksi/non injeksi. Semoga dipertahankan sama pemerintah dan pabrikan.

Nahhh...Sialnya dari hari ke hari semua orang selalu menyambut gembira kalau ada rumor bebek2 itu mau naik kubikasi. Sampeyan pada gagal paham sepertinya...bahwa saat motor berubah jadi injeksi dan kubikasinya naik, yg diselamatkan tuh uang negara..bukan uang kita2. Sampeyan akan digiring perlahan untuk beli pertamax.  

Terlepas dari keseriusan artikel kali ini renungan gue cuman satu... 

Rp.50.000-, buat bensin seminggu adalah harga mati di tahun 2014

buat seorang pria beristri dan ber anak 2 dengan gaji umr tanpa bonus dan uang lembur (Bukan gue). 

Sampeyan tetep harus cari sumber lain untuk membuktikan kebenarannya, sebab review2 yang bertebaran untuk honda vario techno pgm fi 125 rata2 adalah 1 : (diatas) 60 km.

***Hasil tes dan penghitungan diatas dilakukan tanpa pengawasan dan bukan dilakukan oleh profesional/orang yang ahli di bidangnya. Udah pasti banyak salahnya. 

**Patokan irit dan boros tergantung penghasilan, suasana hati, jarak antara rumah dan lokasi kerja, dan motor jenis apa yang anda pakai. 

*Tulisan ini sepenuhnya benar buat saya tapi belum tentu buat anda. Ngahahahaha...



Sekian, dan terima sumbangan pertamax 

:p

Komentar

  1. Motor sy xeon 125 karburator dgn bbm pertamax hny ba dpt 30 km/l. Jd buat sy motor anda sudah IRIT hehe..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arah rotasi ban michelin pilot street tidak mem-bingung-kan

Oli Gardan Vario 125 Rembes? Lubang "Cantik" ini penyebabnya

Ganti Kruk as / Crankshaft Vario 125